Tak Lama Lagi, Manusia akan Bisa Bernafas di Mars

Intan Rakhmayanti Dewi
Jum'at 23 April 2021 00:06 WIB
Perseverance berhasil menggunakan instrumen MOXIE-nya untuk menghasilkan oksigen dari atmosfer Mars. (Foto: Freepik)

CALIFORNIA, celebrities.id - Kendaraan penjelajah (rover) Perseverance milik NASA baru saja mencetak rekor pertama di Mars yang dapat membantu membuka jalan bagi astronot untuk menjelajahi Planet Merah tersebut pada suatu hari nanti.

Perseverance berhasil menggunakan instrumen MOXIE-nya untuk menghasilkan oksigen dari atmosfer Mars yang tipis dan didominasi karbon dioksida untuk pertama kalinya. Instrumen tersebut mendemonstrasikan teknologi yang dapat membantu astronot bernapas.

Proses tersebut tidak hanya menghasilkan oksigen bagi astronot, juga pengangkutan oksigen dalam jumlah besar dari Bumi sebagai propelan roket untuk perjalanan pulang.

Tonggak sejarah MOXIE terjadi pada Selasa (20/4) waktu setempat, hanya satu hari setelah Perseverance penerbangan helikopter pertama di Mars, Ingenuity.

"Ini adalah langkah penting pertama dalam mengubah karbon dioksida menjadi oksigen di Mars," kata Jim Reuter, administrator Space Technology Mission Directorate NASA, dikutip laman Space, Kamis (22/4/2021).

 

1
/
2