Tak Mau Tragedi yang Menimpanya Terulang, Alec Baldwin Dukung Pembatasan Penggunaan Pistol untuk Film

Kevin Koopman
Selasa 02 November 2021 14:29 WIB
Tak Mau Tragedi yang Menimpanya Terulang, Alec Baldwin Dukung Pembatasan Penggunaan Pistol untuk Film
Alec Baldwin menembakkan senjata properti syuting film terbarunya, Rust dan mengakibatkan salah seorang kru tewas. (Foto: ETOnline)

AMERIKA, Celebrities.id – Alec Baldwin menjelaskan kejadian penembakan yang terjadi satu di antara triliun episode lainnya dan mendukung meminimalisasi penggunaan senjata sungguhan dalam produksi film dan pertunjukan televisi. 

Dilansir English Alarabiya, Selasa (2/11/2021) Alec Baldwin tidak muncul ke publik dan berkomentar tentang tragedi yang menimpa cinematographer Halyna Hutchins, karena masih dalam proses investigasi oleh petugas di Santa Fe, New Mexico, Amerika Serikat. 

“Aku tidak boleh memberi komentar kerena investigasi sedang berlangsung,” ujar Alec Baldwin. 

“Kami sedang menunggu kabar dari kepolisian untuk memberitahukan hasil investigasi mereka,” ujarnya. 

Hutchins (42) adalah korban yang meninggal, sedangkan Joel Souza sutradara dari produksi film Rust kali ini terluka ketika Alec Baldwin tanpa sengaja menembakan properti pistol yang ternyata berisi peluru sungguhan pada saat gladi bersih pada 21 Oktober 2021. Baldwin, sebelumnya diberi tahu bahwa pistol itu aman digunakan. 

Masih belum ada keputusan mengenai hukuman untuk siapapun yang terlibat dalam kasus ini dan kepolisian Santa Fe mengatakan proses investigasinya akan membutuhkan waktu lebih untuk menyelesaikannya. 

Masih belum jelas bagaimana amunisi bisa hidup sampai di lokasi syuting. Alec Baldwin mengatakan bahwa Hutchins adalah temannya dan keluarganya sangat dilingkupi rasa duka. 

“Ada banyak kejadian yang selalu terjadi di lokasi syuting, tapi tidak seperti ini. Ini adalah satu dari triliunan episode,” ujarnya.

 

Insiden ini melibatkan panggilan untuk beberapa industri senjata asli yang biasanya menyediakan pistol kosong atau peluru palsu, untuk dilarang lagi terlibat dalam produksi film dan pertunjukan televisi lainnya. Alec Baldwin pun mengatakan sangat mendukung upaya tersebut. 

“Aku sangat tahu upaya-upaya yang sedang berlangsung ini untuk membatasi penggunaan senjata pada pembuatan film-film dan aku sangat mendukungnya,” ujar Baldwin. 

“Beberapa tindakan harus diambil,” katanya. 

“Aku bukan ahli di bidang ini. Jadi apapun yang diupayakan untuk mencegah hal serupa terjadi pada orang lain dalam pembuatan film-film, aku sangat mendukung dan akan ikut membantu apapun yang aku bisa lakukan,” tuturnya. 

Alec Baldwin sebelumnya dikenal saat berperan dalam komedi TV bertajuk 30 Rocks, memiliki istri, Hilaria dan dianugerahi enam orang anak. Dirinya meminta kepada awak media untuk tidak mengikuti kehidupannya dan keluarganya.

Editor : Johan Sompotan