Tak Mudah Perankan Public Speaking, Mulai Dicueki Penonton hingga Lupa Materi

Novie Fauziah
Rabu 22 Juni 2022 22:14 WIB
Tak Mudah Perankan Public Speaking, Mulai Dicueki Penonton hingga Lupa Materi
Podcast Aksi nyata kini membahas mengenai profesi public speaking. (Foto: celebrities.id/YouTube Perindo)

JAKARTA, celebrities.id - Memiliki keahlian public speaking tidak semudah yang dibayangkan. Meskipun profesi tersebut terlihat mudah karena hanya ditugaskan untuk berbicara, namun nyatanya tak semua orang bisa melakukannya lho.

Public Speaking Professional Trainer, M. Syafiul Muktapa atau akrab disapa Uta mengatakan, banyak yang tidak memahami bahwa memerankan public speaking itu tidak semudah yang dibicarakan. 

"Sebenarnya banyak dari kita memahami, kalau publik speaking itu hanya modal ngomong ya. Jadi kalau orang lihat, itu MC enak ya cuma modal ngomong doang. Tapi mereka gak ngerti kalau lagi interaktif itu dikacangin," katanya dalam podcast Aksi Nyata bertajuk 'Atasi Gugup dan Gagap dengan Cara Jitu Public Speaking' di channel YouTube Partai Perindo, Rabu (22/06/22).

Hal lainnya yang menjadi tantangan bagi seorang pelaku public speaking, yaitu ketika lupa materi yang akan disampaikan. Maka, dia harus memutar cara agar acara atau event yang sedang dijalani, tidak membuat kecewa.

"Atau kadang-kadang kita lupa pembicaraan saat di tengah-tengah, pasti harus ada cara-cara tersendiri kan," ujarnya.

Oleh karena itu, kata dia, seseorang yang memiliki atau ingin memerankan public speaking harus memiliki persiapan yang matang. Serta melatih diri agar tidak gugup dan gagap saat berbicara di depan banyak orang.

Editor : Hadits Abdillah