Taman Pracima Pura Mangkunegaran Resmi Dibuka, Dihadiri Erick Thohir

Icon CameraHadits Abdillah
Sabtu 21 Januari 2023 23:48 WIB
Taman Pracima Pura Mangkunegaran Resmi Dibuka, Dihadiri Erick Thohir
Taman Pracima Pura Mangkunegaran resmi dibuka. (Foto: celebrities.id/R August)

SOLO, celebrities.id - Taman Pracima Pura Mangkunegaran, Solo diresmikan langsung oleh Kanjeng Gusti Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara (MN) X Bhre Cakrahutomo dan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka didampingi Menteri BUMN Erick Thohir, Sabtu (21/1/2023).

Beberapa pejabat dan tokoh penting diantaranya Kaesang Pangarep-Erina Gudono, Wakil Ketua Komisi VI Anggota DPR RI Aria Bima, Petinggi Persis Solo Kevin Nugroho dan beberapa tokoh lain juga turut hadir.Ā 

Kanjeng Gusti Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara (MN) X Bhre Cakrahutomo dalam sambutannya menyebut bahwa peresmian Pracima merupakan langkah awal Mangkunegaran untuk membuat wadah yang mempertemukan masyarakat dan kebudayaan Pura Mangkunegaran.Ā 

"Ini merupakan momen yang membahagiakan bagi kami seluruh keluarga, kerabat, abdi dalem, saya pribadi dan para insan Mangkunegaran," kata MN X di Taman Pracima.

MN X berharap semoga Taman Pracima dapat menjadi ruang dan pusat budaya untuk mengenalkan kuliner, busana dan kesenian khas Mangkunegaran.

"Itulah yang diperjuangkan oleh para leluhur. Semangat inilah yang menjadi akar untuk mengembangkan Mangkunegaran ke depannya," ujarnya.

Dalam acara peresmian itu, para tamu diperlihatkan berbagai kesenian khas Mangkunegaran seperti batik, wayang dan kerajinan tangan dari tanah liat.Ā 

Mereka juga menikmati berbagai sajian kuliner khas Mangkunegaran seperti apem, dan minuman beras kencur.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan, Taman Pracima dibangun karena Pemerintah dan pihak Mangkunegaran ingin agar para generasi muda mengenal dan menjadikan budaya Jawa sebagai pondasi dalam pembangunan.

"Ini kami bangun kembali, kami coba merajut kembali untuk para generasi muda tetap menginjak sebagai pondasi dalam pembangunan ke depan. Saya harap ini merupakan pembangunan yang berkelanjutan. Tidak hanya Mangkunegaran tapi juga kawasan Solo secara menyeluruh," tuturnya.

Editor : Hadits Abdillah

Follow Berita Celebrities di Google News