7 Tanda Jodoh Menurut Islam, Ada di Surat Ar Rum Ayat 21 hingga An-Nur Ayat 26

Laras Dwi Sasmita
Kamis 25 November 2021 17:24 WIB
7 Tanda Jodoh Menurut Islam, Ada di Surat Ar Rum Ayat 21 hingga An-Nur Ayat 26
Tanda Jodoh Menurut Islam. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Tanda jodoh menurut Islam banyak dicari-cari oleh umat muslim di dunia maya. Ya, jodoh, maut, rezeki sudah diatur oleh Allah dan tidak mungkin tertukar. Allah pun menciptakan manusia untuk berpasang-pasangan. Dan ketika berbicara Jodoh ternyata dalam Islam telah terdapat tanda-tandanya yang tercantum dalam Alquran. 

Pertanda jodoh sudah dekat dari Allah memang terkadang sulit untuk dilihat atau bahkan kita abaikan, mengingat jodoh merupakan rahasia Allah. Manusia hanya bisa berusaha dalam menemukan pasangan jiwa mereka. 

Islam mengajarkan bahwa jodoh sudah dituliskan jauh-jauh hari sebelum manusia lahir ke bumi. Namun terkadang, kala menjalin sebuah hubungan, manusia kerap di hadapkan rasa bingung dan was-was. 

Maka untuk mengetahui bahwa sang kekasih adalah belahan jiwa, berikut tanda-tanda jodoh menurut Islam yang dilansir dalam berbagai sumber. 

1. Mendapat Ketenangan Hati

Ketika berinteraksi dengan calon pasangan tak jarang jika kerap mendatangkan selisih paham yang berujung pada perdebatan. Akan tetapi itu adalah hal wajar. 

Namun kisahnya akan berbeda jika perdebatan berlanjut pada pertengkaran hebat yang tak kunjung usai dan membuatmu gelisah, resah, dan bikin hati tidak tenang. Pasalnya, di dalam Islam, Alquran menyebut bahwa pasangan yang baik akan memberikan ketenangan di hati dan di dalam jiwa.

"…Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih sayang…” [QS.A-Ruum : 21].

2. Menerima Kekurangan dan Kelebihan

Tanda-tanda jodoh dalam Islam selanjutnya adalah menerima kekurangan dan kelebihan pasangan. Hakikatnya, tak ada manusia yang tercipta sempurna.

Maka ketika calon pasangan sudah menerima segala kekurangan dan kelebihan yang ada, saat pasangannya tidak hadir di hidupnya dia akan merasa dunianya kurang lengkap. Lantas didalam hati, akan merasa cukup dan berhenti mencari, sebab sudah yakin dengan calon pasangan yang sekarang. 

3. Diterima oleh Keluarga dengan Hati Terbuka

Membangun rumah tangga bukan hanya meresmikan sebuah hubungan di mata hukum, akan tetapi melibatkan restu Allah SWT dengan diterimanya pasangan oleh kedua keluarga. Izin dari orang tua merupakan salah satu tanda berikutnya bahwa calon pasangan adalah jodoh.

Hal tersebut karena, dalam Islam menikah bukan hanya menyatukan dua orang saja, tetapi juga menyatukan dua keluarga besar. Tanda yang satu ini juga bisa kamu baca dalam QS Asy-Syura ayat 11 yang memiliki arti semua hal yang kamu kerjakan harus memiliki izin. 

"(Dia) Pencipta langit dan bumi. Dia menjadikan bagi kamu dari jenis kamu sendiri pasangan-pasangan dan dari jenis binatang ternak pasangan-pasangan (pula), dijadikan-Nya kamu berkembang biak dengan jalan itu. Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dialah yang Maha Mendengar dan Melihat," [QS. Asy-Syura:11]. 

4. Saling Memahami

Jika takdir sudah menuliskan kamu dan calon pasangan berjodoh, kalian akan sanggup untuk saling memahami. Ketika sedang mengalami kesulitan maka dia akan berusaha membantu bahkan memberikan saran atau motivasi tertentu. 

Baik susah maupun senang, calon pasangan akan selalu ada untuk menemanimu. Maka melalui tanda tersebut terlihat bahwa pasangan yang berjodoh akan selalu bersedia mengarungi setiap pasang surut rumah tangganya. 

5. Punya Banyak Kesamaan dengan Satu Sama Lain

Ternyata memiliki banyak kesamaan dengan satu sama lain merupakan tanda bahwa dia adalah jodohmu. Dalam Islam digambarkan bahwa jodoh merupakan cerminan diri.

Hal ini tertulis dalam firman Allah Swt. pada QS An-Nur ayat 26 yang mempunyai makna jika kamu perempuan atau pria yang baik, maka jodohmu adalah perempuan atau pria yang baik pula. Berdasarkan ayat tersebut, maka semakin banyak kesamaan sifat, karakter, dan situasi hidup sepasang kekasih, semakin tinggi kemungkinan mereka menjadi jodoh.

"Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia (surga)," [QS. An-Nur:26]. 

6. Pintu Rezeki Tiba-Tiba Terbuka

Dalam Islam, seseorang merupakan jodohmu jika tiba-tiba pintu rezekimu terbuka ketika bertemu dengan dia. Allah SWT memberikan rezeki yang lebar agar keduanya dapat membangun keluarga.

Hal ini menandai bahwa jika berjodoh segala urusan akan dimudahkan oleh Allah SWT. Itu  tertulis dalam firman Allah QS An-Nahl ayat 72.

"Allah menjadikan bagi kamu isteri-isteri dari jenis kamu sendiri dan menjadikan bagimu dari isteri-isteri kamu itu, anak-anak dan cucu-cucu, dan memberimu rezeki dari yang baik-baik. Maka mengapakah mereka beriman kepada yang bathil dan mengingkari nikmat Allah?" [QS. An-Nahl:72]. 

7. Dimantapkan dengan Salat Istikharah

Tidak ada jodoh terbaik tanpa melibatkan Allah. Dialah yang menentukan jodoh seluruh umat manusia di dunia. Maka dari itu, sebagai manusia, kita berkewajiban meminta jodoh terbaik. 

Islam mengajarkan, jika ingin diberi petunjuk dan kemantapan hati terhadap sesuatu hal termasuk soal jodoh, mintalah dengan salat istikharah. Allah akan memberi berbagai petunjuk, sehingga kamu akan mendapatkan jodoh terbaik dunia dan akhirat.

Editor : Hadits Abdillah