10 Tanda Rekan Kerja Toxic yang Perlu Diwaspadai

Iqbal Widiarko
Jumat 20 Mei 2022 13:28 WIB
10 Tanda Rekan Kerja Toxic yang Perlu Diwaspadai
Tanda rekan kerja toxic patut diwaspadai karena akan berdampak buruk bagi diri sendiri. (celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Tanda rekan kerja toxic patut diwaspadai lantaran bisa berdampak buruk jika kita terus-menerus berada di satu lingkungan kerja. Selain berpengaruh pada kesehatan fisik dan mental, rekan kerja yang toxic juga bisa berdampak pada kelangsungan perusahaan karena kesejahteraan karyawannya yang terganggu.

Bisa dibilang, kantor merupakan rumah kedua tempat kita banyak menghabiskan waktu. Lingkungan kerja yang toxic tentu bisa mempengaruhi mood, juga produktivitas kerja. 

Jika ada rekan kerja kita yang memiliki sifat toxic, sebaiknya kita ajak berdiskusi untuk menemukan jalan keluarnya. Namun, jika memang tidak ada harapan untuk itu, lebih baik jaga jarak dan jangan terlalu dekat atau akrab dengannya.

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Jumat (20/5/2022) telah merangkum tanda rekan kerja toxic, sebagai berikut.

Tanda Rekan Kerja Toxic

1. Sering Berkeluh Kesah

Rekan kerja yang sering kali mengeluh mungkin selalu melontarkan komentar negatif tentang hal yang sama. Jika itu masalahnya, kamu mungkin bisa berbicara dengannya dan melihat apakah kamu dapat membantu.

Sebagai contoh dengan menawarkan jadwal kerja yang fleksibel untuk membantu karyawan yang mengeluh tentang keseimbangan pekerjaanya. Beberapa tanda bahwa rekan memiliki sifat pengeluh, antara lain memberi pengaruh negatif, muram, tidak pernah bahagia, dan tidak bisa berjalan dengan benar.

2. Melakukan Bullying 

Perilaku sering melakukan bullying juga merupakan tanda rekan kerja toxic selanjutnya. Rekan kerja yang gemar mem-bully sering kali menindas, meremehkan, dan merendahkan orang lain di sekitarnya. Memiliki rekan kerja yang suka menindas saja sudah meresahkan, apalagi jika ditambah dengan bos yang gemar mem-bully, perlu dihindari.

3. Suka Bergunjing di Kantor

Rekan kerja yang suka bergunjing memang merugikan semua orang dimanapun ia berada, tidak terkecuali saat di tempat kerja. Rekan kerja yang suka bergunjing termasuk rekan kerja yang toxic karena merugikan banyak orang. Apalagi jika yang dibicarakan bukanlah fakta sebenarnya melainkan hanya sekadar fitnah belaka.

4. Sulit Mengakui Kesalahan

Melakukan kesalahan merupakan suatu hal yang buruk dan perlu dihindari. Akan tetapi, jika suatu hal memang kesalahanmu, penting untuk berani jujur dan mengakuinya. Utarakan jika betul kamu melakukan suatu kesalahan. Tak perlu berusaha menutup-nutupinya, atau bahkan membebankan kesalahan itu ke orang lain. 

5. Bersikap Sombong 

Karyawan yang sombong mudah kita dikenali. Biasanya mereka merasa selalu benar dan paling pintar. Jika memiliki kesalahan, mereka lambat mengakuinya atau tidak mau mengakuinya sama sekali. Sifat rekan kerja yang sombong bisa menjadi toxic bagi lingkungan kerja. Ciri-ciri lain dari rekan toxic, termasuk lambat meminta maaf, mudah berbohong dan tidak tanggap terhadap kritik.

 

1
/
2