Tangan Dingin dan Sering Berkeringat Tanda Idap Penyakit Jantung, Mitos atau Fakta?

Muhammad Sukardi
Sabtu 29 Mei 2021 18:04 WIB
Termasuk tangan berkeringat, masih banyak anggapan di tengah masyarakat yang perlu diluruskan terkait penyakit jantung. (Foto: Freepik.com)

JAKARTA, celebrities.id - Masih banyak anggapan di tengah masyarakat yang perlu diluruskan terkait penyakit jantung. Kepercayaan yang masih cukup banyak beredar adalah soal tangan dingin dan mudah basah.

Menurut Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah di Heartology Cardiovascular Center, dr Radityo Prakoso, Sp.JP(K), anggapan mengenai tangan atau kaki sering dingin dan mudah basah karena keringat pertanda punya penyakit jantung itu tidak benar.

"Tangan atau kaki sering dingin atau berkeringat tidak selalu berhubungan dengan sakit jantung," katanya dalam webinar bertajuk 'Penyakit Jantung Bawaan', Sabtu (29/5/2021).

Dokter Radityo menyesalkan masih banyak masyarakat yang percaya dengan hal-hal semacam ini. Bahkan, tak sedikit yang merasa seperti dokter hingga bisa mendiagnosis penyakit tertentu hanya lewat ciri fisik di luar tubuh.

"Padahal, diagnosis hanya dapat dikeluarkan oleh tenaga profesional setelah melewati serangkaian pemeriksaan. Jadi, kalau katanya-katanya doang, ya, jangan dipercaya. Ada baiknya segera tanyakan ke dokter," katanya.

 

1
/
3