Tata Cara Menggunakan Siwak yang Benar, Bermanfaat untuk Dapat Ridho Allah SWT

Ayuningtyas Notomihardjo
Minggu 19 September 2021 02:05 WIB
Tata Cara Menggunakan Siwak yang Benar, Bermanfaat untuk Dapat Ridho Allah SWT
Habib Muhammad bin Anies Shahab menjelaskan cara menggunakan siwak. (Foto: celebrities.id/YouTube)

JAKARTA, celebrities.id - Bagi Anda yang biasa menggunakan siwak, bisa bermanfaat untuk mendatangkan ridho Allah SWT. Oleh karena itu, Habib Muhammad bin Anies Shahab menjelaskan tata cara penggunaan siwak yang benar.

Allah SWT pun menjanjikan kelancaran dalam meninggalnya seorang hamba. Habib Muhammad bin Anies Shahab menyebutkan jika istiqomah menggunakan siwak setiap harinya, Insya Allah ada keridhaan dari Allah SWT.

“Jika lupa membawa, bisa membungkusnya dengan baju atau sorban. Cara memegangnya juga beda, sunahnya ibu jari dan kelingking menahan pada satu sisi dan tiga jari lainnya diatasnya siwak,” kata Habib Muhammad bin Anies Shahab dalam tausiah di Youtube Channel Qolby ID, Sabtu (18/9/2021).

“Dibasahi lalu diputar berbentuk angka 8, dari bawah kanan ke tengah lalu atas kiri, kemudian geser ke bawah kiri dan atas kanan. Itu sunnah dilakukan sebanyak 3 kali, dihisap terlebih dulu bagian yang lembut supaya tidak kaku dan bunyi klotak-klotek,” ujar Habib kelahiran Malang, Jawa Timur tersebut.

Anjuran jangka waktu pemakaian siwak juga harus diperhatikan. Dengan cara terus membersihkan dan menggantinya dengan yang baru secara berkala.

“Setiap satu hari dibersihkan, setiap 40 haru ganti yang baru,” tutur Habib Muhammad Bin Anies Shahab.

Penggunaaan siwak ini bisa berguna menyembuhkan sakit perut dengan cara yang tepat. Disinyalir, dengan membeli siwak dan melakukan penggunaan secara rutin, manfaat yang dikandung di dalamnya pun banyak.

Begitu juga saat berpuasa, Anda dianjurkan untuk boleh membersihkan diri. Habib Anies Shahab pun menyebutkan bisa seorang hamba yang berpuasa tetap gosok gigi dan memakai siwak, akan tetapi sangat tidak dianjurkan untuk menelannya atau melakukannya secara berlebihan.

“Gosok gigi setiap hari selama Ramadhan tidak apa. Untuk bersiwak juga tidak apa, namun jangan ditelan, itu batal. Asal jangan berlebihan,” kata Habib Muhammad bin Anies Shahab.

Editor : Dhita Seftiawan