Teks Cerita Sejarah: Pengertian, Ciri Umum, Struktur dan Contoh

Bertold Ananda
Kamis 04 Agustus 2022 14:35 WIB
Teks Cerita Sejarah: Pengertian, Ciri Umum, Struktur dan Contoh
Teks cerita sejarah berisi tentang peristiwa nyata yang terjadi lapangan pada masa lampau. (Foto: Pexels)

JAKARTA, celebrities.id - Teks cerita sejarah merupakan sebuah karya yang menjelaskan kisah dari peristiwa nyata yang terjadi lapangan pada masa lampau. Teks jenis ini kerap  ditemui sejak kamu mengenyam pendidikan Sekolah Dasar (SD).

Umumnya teks cerita sejarah diminati masyarakat yang penasaran dan ingin mengetahui dengan peristiwa di masa lampau. Teks cerita sejarah memiliki ciri khas tersendiri yang pastinya berbeda dengan cerita lainnya. Oleh karena itu, dalam  menyusun  teks sejarah tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

Berikut ini celebrities.id telah merangkum dari beberapa sumber, Kamis (4/8/2022) terkait pengertian, ciri umum, struktur dan contoh teks cerita sejarah.

Pengertian Teks Cerita Sejarah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teks cerita sejarah  merupakan sebuah prosa yang berisi rangkaian cerita tentang watak dan sikap tokoh berdasarkan kejadian masa lampau.

Umumnya teks cerita sejarah akan kamu dapatkan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang akan membahas banyak terkait pengetahuan sejarah. Contoh teks sejarah yang kerap dibahas yakni mengenai perjuangan pahlawan Indonesia melawan penjajah, perjuangan bangsa Indonesia meraih kemerdekaan dan lainnya.

Ciri Umum Teks Cerita Sejarah

Berikut ciri umum teks cerita sejarah yang sering ditemukan.

  • Orientasi teks cerita sejarah menjurus pada pengantar, tujuan dan pendahuluan.
  • Judul pada teks sejarah memiliki sifat eksplisit ketimbang novel sejarah.
  • Teks cerita sejarah ┬ámemiliki sifat yang bertahap alias gradual.
  • Teks cerita sejarah ┬ámemiliki koda yang menceritakan rangkaian peristiwa nyata yang terjadi dimasa lampau secara runtut.

Struktur Teks Cerita Sejarah

Dalam pembuatan teks cerita sejarah yang baik dan benar pastinya harus memiliki struktur yang kuat. Berikut ini struktur teks cerita sejarah yang meliputi tiga hal, yaitu orientasi, urutan peristiwa dan reorientasi.

1. Orientasi

Struktur satu ini membahas tentang  pembuka dan pengenalan teks cerita sejarah. Orientasi dibuat untuk menjelaskan suatu  topik cerita sejarah kepada khalayak pembaca 

2. Urutan Peristiwa

Struktur cerita sejarah yang kedua membahas tentang urutan peristiwa secara kronologis. Kamu bisa menulis teks cerita sejarah dengan membahas nilai sejarah secara gradual dan rinci.

3. Reorientasi

Struktur teks cerita sejarah mengharuskan ada reorientasi. Pemberian kalimat reorientasi dapat kamu letakan pada bagian akhir cerita sejarah bisa berupa saran maupun kritik membangun.

 

1
/
2