Teks Iklan: Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis dan Struktur Lengkap

Bertold Ananda
Rabu 03 Agustus 2022 13:45 WIB
Teks Iklan: Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis dan Struktur Lengkap
Teks iklan sangat berguna dalam pemasaran suatu produk. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Teks iklan merupakan bagian paling penting ย dalam pemasaran untuk menggencarkan promosi. Tujuan teks iklan dibuat sebagai pemberitahuan kepada semua orang untuk membeli barang atau jasa yang ditawarkan.

Umumnya, teks iklan dapat kamu temukan pada media cetak koran, majalah, internet, radio hingga di televisi. Dalam teks iklan berisikan fakta dan opini yang dirangkai sedemikian rupa untuk menarik perhatian khalayak agar mau membelinya.

Berikut ini celebrities.id merangkum beberapa sumber, Rabu (3/8/2022), akan membahasnya secara lengkap terkait pengertian, ciri-ciri, jenis dan struktur lengkap dari teks iklan.

Pengertian Teks Iklan

Dapat diartikan bahwa teks iklan merupakan sebuah media promosi yang dilakukan oleh segelintir orang maupun perusahaan yang bertujuan untuk memasarkan produk dan jasanya. Teks iklan menjadi salah satu solusi promosi paling efektif dikarenakan daya jangkaunya sangat luas dan menyeluruh.

Ciri-Ciri Teks Iklan

Untuk mengenalinya, teks iklan pastinya memiliki ciri-ciri dan keunikan tersendiri. Berikut ciri-ciri teks iklan yang menarik untuk disampaikan ke publik.

  • Memakai subjek orang pertama.
  • Menyertakan gambar yang menarik.
  • Memakai kalimat persuasif.
  • Memakai kalimat slogan.

Jenis Teks Iklan

Melihat dari tujuan pembuatan teks iklan pastinya teks iklan dibagi dalam beberapa jenis, di antaranya ada teks iklan komersiall dan non komersial. Berikut ini berbagai jenis teks iklan yang kerap ditawarkan.

1. Iklan Layanan Masyarakat

Jenis iklan layanan masyarakat difungsikan untuk memberikan penjelasan kepada khalayak publik. Contoh iklan satu ini bisa menyerupai bahaya merokok, bahaya tidak memakai masker, bahaya Covid-19, dan bahaya narkoba. Umumnya iklan ini dibuat oleh pihak Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) maupun pemerintah.

ย 

1
/
2