Teladan! Penonton Jepang Bersihkan Sampah di Tribun Stadion Piala Dunia 2022 usai Pertandingan

Icon CameraAndhika Khoirul Huda
Selasa 22 November 2022 08:56 WIB
Teladan! Penonton Jepang Bersihkan Sampah di Tribun Stadion Piala Dunia 2022 usai Pertandingan
Viral penonton Jepang bersihkan stadion usai pertandingan Ekuador kontra Qatar. (Foto: celebrities.id/TikTok @omr94)

AL KHOR, celebrities.id – Fans Timnas Jepang lagi-lagi bikin kagum. Pasalnya, mereka terlihat memberikan contoh baik yang patut ditiru oleh para suporter sepak bola di seluruh dunia dengan aksi bersih-bersih sampah di tribun stadion pada gelaran Piala Dunia Qatar 2022.

Para pendukung Negeri Sakura memang telah dikenal punya budaya bersih-bersih selepas menonton pertandingan sepak bola. Perilaku luar biasa itu hampir pasti selalu menjadi sorotan di setiap turnamen-turnamen besar. 

Terbaru, aksi keren tersebut mereka lakukan selepas menonton pertandingan pembuka Piala Dunia 2022 yang mempertemukan tuan rumah dengan Ekuador pada Minggu, 20 November 2022 malam WIB. Hal itu diketahui dari video yang viral di media sosial, yang salah satunya diunggah oleh akun Tiktok, @omr94.

Dalam rekaman gambar itu terlihat jelas para supporter asal Jepang, yang masih lengkap dengan atribut mereka, dengan sigap membersihkan sampah-sampah yang ditinggalkan penonton lainnya di Al Bayt Stadium. Mereka membantu penduduk lokal dengan mengumpulkannya sambil membawa kantong-kantong plastik atau wadah lainnya di saat para suporter yang lain sudah melenggang meninggalkan stadion.

Aksi mereka itu pun dipuji oleh sang pengunggah video yang juga muncul di rekaman itu. Dia benar-benar tak percaya melihat aksi bersih-bersih itu dengan mata kepalanya sendiri.

“Seseorang meyakinkan saya bahwa ini normal. Fans Jepang memutuskan untuk membersihkan stadion. Ini bahkan bukan pertandingan mereka!” kata pria yang diketahui bernama Omar Farooq dikutip dari akun TikTok @omr94, Selasa, (22/11/2022).

“Ketika saya bertanya kepada mereka, 'Mengapa Anda membersihkan sesuatu yang tidak berhubungan dengan Anda?' Jawabannya adalah, 'Orang Jepang tidak pernah meninggalkan sampah di belakang kami. Kami menghormati tempat itu,'” ucap seorang fans Timnas Jepang.

“Ini adalah suatu hal yang sering saya dengar, tetapi saya tidak pernah mengira ini nyata. Wow. Saya sangat hormat!” tuturnya.

Kembali ke 2018 silam, para fans Jepang juga melakukan aksi yang sama di Piala Dunia. Mereka viral setelah tertangkap kamera sedang membersihkan Rostov Arena meski kala itu Timnas Jepang kalah dramatis di menit-menit akhir oleh Belgia di babak 16 besar.

Setahun kemudian, mereka menunjukkan aksi berkelas itu lagi di Roazhon Park dalam gelaran Piala Dunia Wanita 2021. Mereka membersihkan semua sampah yang tersisa hingga stadion itu menjadi kinclong lagi.

Editor : Lisvi Padlilah