Telusuri Aliran Dana, Polisi Blokir Rekening Tersangka Kasus Mafia Tanah Nirina Zubir

Indra Purnomo
Kamis 18 November 2021 12:13 WIB
Telusuri Aliran Dana, Polisi Blokir Rekening Tersangka Kasus Mafia Tanah Nirina Zubir
Telusuri Aliran Dana, Polisi Blokir Rekening Tersangka Kasus Mafia Tanah Nirina Zubir. (Foto: celebrities.id/Ist)

JAKARTA, celebrities.id - Polisi telah menetapkan lima orang tersangka kasus mafia tanah yang merugikan keluarga besar dari artis Nirina Zubir senilai Rp17 miliar. 

Pada kelanjutan kasus ini, polisi akan memblokir rekening tersangka pada hari ini. Upaya ini dilakukan untuk menelusuri aliran dana hasil kejahatan tersebut. 

"Sekarang ini penyidik akan melakukan blokir rekening. Hari ini Penyidik akan membuatkan blokir rekening tersangka," ujar Kasubdit Harda Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Petrus Silalahi saat dihubungi, Kamis (18/11/2021). 

Adapun Polda Metro Jaya sudah menangkap tiga tersangka dalam kasus ini, yakni asisten rumah tangga (ART) Nirina bernama Riri Kasmita dan suaminya Edrianto, serta pihak notaris yakni pejabat pembuat akta tanah (PPAT) Farida. 

Sedangkan dua tersangka lainnya yang belum ditangkap juga merupakan dari PPAT, yaitu Ina Rosiana dan Edwin Ridwan. 

"Kami sudah melakukan pemanggilan terhadap kedua notaris tersebut, akan tetapi saat ini yang bersangkutan tidak dapat hadir dengan alasan yang dapat kami terima," ujarnya. 

"Tentu sudah kita jadwalkan (pemeriksaan). Kemarin seharusnya bersama-sama, namun saat itu mereka ajukan pengunduran pemanggilan, kemudian kita jadwalkan kembali, secepatnya," tuturnya. 

Adapun Nirina menjadi korban penggelapan. Tak tanggung-tanggung, aset keluarga besar Nirina mencapai Rp17 miliar digasak ART-nya. 

Istri Ernest Cokelat ini menjelaskan sebelum ibunda meninggal dunia, dia sempat meminta tolong pada Riri untuk mengurus aset miliknya yang berupa surat tanah. Pasalnya, ibu kandung Nirina mengira surat tanah miliknya telah hilang. 

 

1
/
2