Tempat Angker di Gresik, Ada Misteri Waduk Bunder yang Diyakini sebagai Pusat Kerajaan Jin

Novie Fauziah
Jumat 23 Juli 2021 05:11 WIB
Tempat angker di Gresik, Jawa Timur adalah Waduk Bunder. Penduduk setempat meyakini Waduk Bunder sebagai wilayah kerajaan jin. (Foto: YouTube/Neil Firman)

JAKARTA, celebrities.id - Salah satu tempat angker di Gresik, Jawa Timur adalah Waduk Bunder. Penduduk setempat meyakini Waduk Bunder sebagai wilayah kerajaan jin.

Dikutip dari channel YouTube MSPe Story, Kamis (21/7/2021), secara geografis Waduk Bunder termasuk ke dalam desa Banjarsari, Kecamatan Cermai Kabupaten Gresik.

Di danau tersebut terdapat sebuah pulau kecil yang disebut Gemuk atau Bagending, yang lokasinya berdekatan dengan bibir waduk. Konon, Gemuk di waduk Bunder ini merupakan tempat sakral.

Masyarakat sekitar mengaku sering mendengar suara gamelan dari pulau di tengah Waduk Bunder. Anehnya saat didatangi, tempat itu kosong. Tak ada apa pun selain tanah dan rumput yang dikelilingi oleh air.

Gemuk ditumbuhi semak belukar dan rerumputan yang tinggi. Keadaan ini semakin memperlihatkan kesan mistis dan mencekam dari pulau yang ada di tengan Waduk Bunder.

Keanehan lainnya, saat musim kemarau dan air waduk surut, daratan Gemuk tidak semakin tinggi. Begitu juga saat musim hujan di mana air waduk meninggi, Gemuk tidak tenggelam.

Masih menurut cerita warga setempat, ada jelmaan ular raksasa di Gemuk Waduk Bunder ini. Karena itu, sebelum memanen ikan, pengelola waduk akan mengadakan pergelaran wayang. Jika tidak menggelar pertunjukan tersebut, diyakini akan terjadi peristiwa menyeramkan atau musibah lainnya.

 

1
/
2