Terapi Mata Juling untuk Anak, Mudah Dilakukan

Kevi Laras
Sabtu 24 September 2022 08:25 WIB
Terapi Mata Juling untuk Anak, Mudah Dilakukan
Terapi mata juling untuk anak. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Terapi mata juling untuk anak sering dicari netizen. Pasalnya, mata juling atau juga disebut strabismus dapat muncul dalam beberapa kondisi mata berbeda. Mata juling dapat dialami anak sejak lahir atau berkembang seiring masa pertumbuhannya.  

Selain itu mata juling paling sering terjadi pada bayi dan balita, karena faktor keturunan atau masalah selama perkembangan fisik. Namun, hal ini masih kurang dipahami oleh masyarakat, sebab sering dikaitkan dengan mata minus. Maka dari itu, banyak ibu yang menerapkan terapi mata juling untuk anak. 

Menurut Healthline pada Sabtu (24/9/2022), terapi mata juling pada anak kerap menjadi alternatif lain selain melakukan operasi. Hal ini agar kesehatan mata mengingat. 

"Karena penyebab dan manifestasi strabismus sangat bervariasi, latihan mata yang digerakkan oleh pasien saja tidak boleh dianggap sebagai pengobatan eksklusif,” kata dr. Jeffrey Anshel.¬†

Berikut cara terapi juling untuk anak: 

1. Pensil push-up 

Pensil digunakan sebagai alat latihan mata sederhana yang mengarahkan, kedua mata pada titik tetap yang sama. Mereka juga dikenal sebagai latihan titik dekat konvergensi. 

Mulailah dengan memegang pensil sepanjang lengan, menunjuk menjauh dari Anda. Fokuskan pandangan pada penghapus atau huruf atau angka di pensil. Perlahan gerakkan pensil ke arah pangkal hidung Anda. 

2. Putar mata 

Melatih mata dengan lihat ke kanan dan ke kiri beberapa kali tanpa menggerakkan kepala. Kemudian lihat ke atas dan ke bawah beberapa kali. 

3. Gambar delapan 

Juga bisa dilakukan dengan bayangkan sebuah angka besar delapan diputar, pada sisinya sekitar 10 kaki di depan Anda. Perlahan buat sketsa dengan mata beberapa kali dan kemudian pergi ke arah lain.

Editor : Tia Ayunita