Terminal VVIP Bandara Halim Perdanakusuma Usung Kearifan Lokal, Menhub Budi Karya Pede Jadi Tuan Rumah G20

Icon CameraHeri Purnomo
Rabu 05 Oktober 2022 23:41 WIB
Terminal VVIP Bandara Halim Perdanakusuma Usung Kearifan Lokal, Menhub Budi Karya Pede Jadi Tuan Rumah G20
Bandara Halim Perdanakusuma mendapat sentuhan kearifan lokal. (Foto: Dok_Okezone)

JAKARTA, celebrities.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa terminal VVIP Bandara Halim Perdanakusuma menambah kepercayaan diri Indonesia sebagai tuan rumah G20. 

Hal itu karena desain terminal baru VVIP mengusung kearifan lokal dengan sentuhan modern. Adapun ruangan di dalam terminal diberi nama Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa. Ini menunjukkan Pandawa Lima adalah suatu representasi budaya Indonesia. 

"Terminal baru VVIP ini akan menambah kepercayaan diri Indonesia sebagai tuan rumah ketika menyambut tamu-tamu penting negara dalam Presidensi Indonesia pada KTT G-20," katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (5/10/2022). 

Pada hari ini, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan terminal VVIP Bandara Halim Perdanakusuma yang telah selesai direvitalisasi, Rabu (5/10). Peresmian tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti sekaligus tinjauan singkat di terminal baru ini.
 
Lebih lanjut Menhub menjelaskan, Bandara Halim adalah objek vital yang sebelumnya kurang terawat dan perlu dilakukan revitalisasi. 

“Kami memetakan ada tiga permasalahan yaitu: runway yang sudah terkelupas karena umur, tata air (drainase) yang kurang baik, dan kondisi gedung terminal VVIP yang kurang representatif untuk menunjukkan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar,” ujarnya.¬†

“Meskipun waktu pengerjaannya pendek hanya kurang lebih 6 bulan, tetapi berkat kolaborasi semua pihak, revitalisasi ini bisa kita laksanakan dengan baik,” kata Menhub.

 

1
/
2