Terungkap! Ini 4 Alasan Singapura Tak Izinkan UAS Masuk, Nomor 1 Dianggap Ajarkan Ekstrimis

Berlianto
Rabu 18 Mei 2022 12:01 WIB
Terungkap! Ini 4 Alasan Singapura Tak Izinkan UAS Masuk, Nomor 1 Dianggap Ajarkan Ekstrimis
4 alasan Singapura tak izinkan Ustaz Abdul Somad masuk. (celebrities.id/Instagram @ustadzabdulsomad_official)

JAKARTA, celebrities.id - Ustaz Abdul Somad (UAS) banyak diperbincangkan usai tidak diizinkan masuk ke Singapura. Penceramah kondang Indonesia itu pun mengaku tak tahu alasan dirinya dideportasi.

Sontak kebijakan Singapura ini pun mengundang reaksi. Pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura langsung melakukan komunikasi dengan Immigration and Checkpoints Authority (ICA) Singapura. 

“Penolakan (refusal of entry) didasarkan alasan tidak eligible untuk mendapatkan izin masuk berdasarkan kebijakan imigrasi (being ineligible for the issue of a pass under current immigration policies),” tulis KBRI Singapura. 

“Penolakan dilakukan kepada ASB dan enam anggota rombongannya,” tulis laporan KBRI Singapura. 

Sekadar informasi, otoritas Singapura menyebut UAS dengan inisial ASB. Belakangan Kementerian Dalam Negeri (MHA) Singapura membenarkan kabar penolakan Ustadz Abdul Somad Batubara (Somad) masuk ke negara itu. 

UAS diketahui tiba di Terminal Feri Tanah Merah Singapura pada 16 Mei 2022 dari Batam dengan enam orang pendamping perjalanan. 

Dalam penjelasannya, pihak MHA memberikan sejumlah poin yang menjadi alasan Singapura menolak UAS masuk ke negara itu seperti disitir dari situs MHA Singapura, Rabu (18/5/2022). 

1. Ustadz Somad mengajarkan ekstrimis dan segregasi

Pernyataan resmi MHA, yang dimuat dalam situs resminya, mengatakan salah satu poin penolakan terhadap UAS adalah mengajarkan ekstrimis dan segregasi.

“Somad dikenal menyebarkan ajaran ekstremis dan segregasi, yang tidak dapat diterima di masyarakat multi-ras dan multi-agama Singapura. Misalnya, Somad telah mengkhotbahkan bahwa bom bunuh diri adalah sah dalam konteks konflik Israel-Palestina, dan dianggap sebagai operasi ‘syahid.” 

2. UAS dianggap mendukung aksi bom bunuh diri

Poin lain yang menjadi dasar pemerintah Singapura menolak UAS karena yang bersangkutan dianggap mendukung aksi bom bunuh diri. 

Dalam pernyataannya, MHA merujuk pada khotbah UAS yang menyatakan aksi bom bunuh diri dalam konteks konflik Israel-Palestina adalah sah dan dianggap sebagai operasi syahid. 

 

1
/
2