Terungkap! Ini Alasan BTS Hiatus, Fokus Kembangkan Proyek Masing-Masing

Syafinah Nurfaidah
Rabu 15 Juni 2022 13:51 WIB
Terungkap! Ini Alasan BTS Hiatus, Fokus Kembangkan Proyek Masing-Masing
BTS kelakukan hiatus. (Foto: celebrities.id/Soompi)

JAKARTA, celebrities.id - BTS atau Bangtan Sonyeondan dikabarkan akan hiatus untuk sementara waktu. Kabar ini mengejutkan para penggemarnya, ARMY. Pasalnya, beberapa hari lalu BTS baru saja merayakan ulang tahun debutnya yang kesembilan. 

Alasan BTS hiatus karena mereka akan fokus ke proyek masing-masing, seperti album solo yang dulu disebut mixtape. 

Proyek masing-masing ini diawali oleh J-Hope yang sudah dikonfirmasi sebelumnya, yaitu dia akan tampil sebagai headliner di Festival Lollapalooza 2022 pada 31 Juli 2022. 

Dalam video yang dirilis melalui channel YouTube BANGTANTV, mereka melakukan makan malam sambil mengenang masa selama sembilan tahun perjalan karier mereka sebagai boy grup. 

Lalu apa sebenarnya alasan BTS hiatus? 

Alasan BTS Hiatus 

Dalam video tersebut para member BTS memberikan alasan mereka, RM selaku leader menyampaikan bahwa walaupun mereka telah mendapatkan banyak hal selama sembilan tahun. 

RM juga mengaku merasakan masa sulit selama menjalani perannya sebagai leader karena harus menulis lirik dan melayani wawancara dengan media terutama pada media asing. Karena itu, dia ingin rehat sejenak dan memikirkan langkah mereka selanjutnya, baik sebagai individu maupun sebagai grup. 

“Aku harus menjaga diriku dulu. Kami tidak bisa memenuhi semua ekspektasi kalian. Ada banyak yang ingin aku katakan, tapi aku tidak bisa mengatakannya. Sekarang ini, kami mungkin istirahat sejenak, tapi ini demi BTS yang berumur panjang," ujar RM. 

Jin juga mengatakan bahwa sudah saatnya para member mengambil aktivitas solo mereka masing-masing. 

Selain itu, Jimin mengatakan bahwa mereka mengalami masa sulit dan ingin mencari lagi identitas mereka kembali melalui proses yang panjang dan melelahkan. Disamping itu Jimin juga mengatakan bahwa bagi BTS, Army adalah segalanya. 

Suga juga menekankan bahwa BTS tidak bubar ataupun disband.

Selain J-Hope yang akan mulai melakukan proyek pribadinya pada bulan Juli, V juga akan mengikuti variety spin-off dari BTS In The Soop, yaitu In The Soop: Friendship Trip. 

V akan melakukan program ini bersama Wooga Squad, yaitu Park Seo Joon, Choi Woo Shik, Park Hyung Shik,  dan Peakboy. Album Jungkook sendiri akan dirilis setelah Suga merilis albumnya. Selain itu, belum ada jadwal pasti untuk perilisan album member lainnya. 

Pernyataan hiatus tersebut ditanggapi oleh pihak HYBE selaku agensi BTS. HYBE mengatakan jika BTS akan tetap mengerjakan proyek sebagai grup maupun individu. 

"Ini akan menjadi waktu bagi setiap member untuk berkembang melalui berbagai aktivitas, dan BTS akan menjadi tim yang berjalan lama di masa depan. Kami berharap itu akan menjadi sumber nutrisi untuk kita. Untuk ini, kami akan secara aktif mendukung di tingkat label," katanya.

Itulah pernyataan alasan BTS hiatus dari para member dan pihak agensinya. Nantikan terus informasi terkini lainnya hanya di celebrities.id.

Editor : Endang Oktaviyanti