Tesla Tarik 130 Ribu Unit Mobil dari Pasaran, Kenapa?

Tangguh Yudha
Rabu 11 Mei 2022 20:00 WIB
Tesla Tarik 130 Ribu Unit Mobil dari Pasaran, Kenapa?
Tesla tarik 130 ribu unit mobil dari pasaran, kenapa?. (Foto:celebrities.id/The Verge)

JAKARTA, celebrities.id - Pabrikan mobil listrik asal Amerika Serikat, Tesla telah menarik 130 ribu unit mobil dari pasar. Penarikan ini menjadi yang ketiga kalinya dilakukan sepanjang 2022.

Melansir Engadget, Rabu (11/5/2022), Tesla menyebut penarikan dilakukan karena adanya masalah software yang mengakibatkan sistem hiburan pada mobil mengalami overheating.

Penarikan dalam jumlah besar ini berlaku untuk unit mobil Tesla Model S dan X 2021 dan 2022, serta kendaraan Model 3 dan Y 2022.

Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) mengatakan bug pada software dapat menyebabkan prosesor di sistem tersebut menjadi terlalu panas. Karena terlalu panas, prosesor akan melambat dan merestart kembali sistem secara tiba-tiba.

Kinerja prosesor yang terganggu ini membuat layar tengah tidak mampu beroperasi. Pengguna tidak bisa menampilkan gambar kamera spion, mengganti gigi, mengatur kontrol visibilitas kaca depan, dan lampu peringatan.

Dengan kata lain, karena mobil tidak mampu beroperasi dengan baik, maka meningkatkan risiko kecelakaan. Dalam pemberitahuannya NHTSA meminta Tesla untuk memperbaiki sistem mobilnya yang bermasalah. Tesla pun akan mengeluarkan pembaruan over-the-air untuk mengatasi masalah ini.

Dalam timeline yang dibagikan Tesla pada 4 Mei 2022, perusahaan mengatakan tidak mengetahui adanya kecelakaan, cedera, atau kematian terkait bug tersebut. Tesla sendiri pada awal tahun ini telah menarik lebih dari 817 ribu mobil karena alarm sabuk pengaman yang salah. Kini penarikan kembali dilakukan meskipun jumlahnya jauh lebih kecil.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra