Tesla Tarik Ratusan Ribu Unit Model 3 dan Model S, Ada Apa?

Intan Afika Nuur Aziizah
Jumat 31 Desember 2021 08:35 WIB
Tesla Tarik Ratusan Ribu Unit Model 3 dan Model S, Ada Apa?
Tesla menarik hampir setengah juta unit mobil untuk mengatasi potensi kegagalan dalam sistem penguncian bagasi. (Foto: The Verge)

JAKARTA, celebrities.id - Tesla melakukan penarikan hampir setengah juta unit mobil untuk mengatasi potensi kegagalan dalam sistem penguncian bagasi, seperti yang pertama kali dilaporkan oleh Barron. Penarikan tersebut berlaku untuk semua unit Model 3 yang dirilis antara 2017 dan 2020, serta unit Model S tertentu.

Untuk Model 3, Tesla mengatakan ada masalah pada pembukaan dan penutupan bagasi yang merusak kabel harness yang menempel pada kamera spion, sehingga menyebabkan kamera tiba-tiba gagal.  

Sedangkan masalah pada Model S lebih serius dan bahkan berpotensi mencegah bagasi depan terkunci sepenuhnya.

Melansir laman The Verge, Jumat (31/12/2021), berdasarkan dokumen yang diserahkan ke Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA), ada 475.318 kendaraan yang ditarik. Jumlah tersebut terdiri dari 356.309 kendaraan Model 3 dan 119.109 kendaraan Model S.  

Tesla memperkirakan bahwa hanya 1 persen dari kendaraan Model 3 yang benar-benar mengalami cacat, dibandingkan dengan 14 persen dari kendaraan Model S yang ditarik.

Penarikan kembali Model S dinilai sangat memprihatinkan karena masalah tersebut mempengaruhi bagasi depan, yang dapat menghalangi pandangan pengemudi ke jalan jika terbuka saat mengemudi.  

Pada mobil Model S yang terkena dampak, "rakitan kait bagasi depan mungkin tidak sejajar, mencegah kait kap mesin sekunder terlibat," kata Tesla kepada NHTSA dalam pengajuan resmi.
 

Editor : Mohammad Saifulloh