Mengenal The Founding Fathers yang Merumuskan Pancasila

Iqbal Widiarko
Rabu 03 Agustus 2022 13:25 WIB
Mengenal The Founding Fathers yang Merumuskan Pancasila
Siapa saja The Founding Fathers yang merumuskan Pancasila? (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - The Founding Fathers yang merumuskan Pancasila perlu diketahui oleh seluruh masyarakat Indonesia untuk menghargai dan mengingat jasa-jasa para pendiri bangsa ini di masa memperjuangkan kemerdekaan dan pembentukan negara yang konstitusional.

Saat pengusulan rumusan dasar negara, Pancasila tidak langsung disahkan. Tugas BPUPKI kemudian dilanjutkan oleh Panitia Sembilan. Panitia Sembilan berfungsi untuk menampung berbagai aspirasi rakyat tentang pembentukan dasar negara.

Perumusan dasar negara Indonesia mulai dibahas ketika masa persidangan pertama BPUPKI pada tanggal 29 Mei hingga 1 Juni 1945 oleh tiga tokoh nasional yakni Ir. Soekarno, Moh. Yamin dan Dr. Soepomo.

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Rabu (3/8/2022) telah merangkum The Founding Fathers yang merumuskan Pancasila, sebagai berikut.

Mengenal The Founding Fathers yang Merumuskan Pancasila

Mengutip dari laman web American Battlefield Trust, The Founding Fathers adalah orang-orang yang berkontribusi signifikan dalam menciptakan pemerintahan sebuah negara dan membentuk negara dengan gagasan serta ide-ide yang brilian.

Walaupun saat penjajahan di masa lalu Indonesia secara bergotong-royong berkontribusi pada pendirian negara, ketiga orang ini dianggap sebagai 'Bapak Pendiri' sekaligus 'Perumus Pancasila yang sekarang digunakan.

Ketiga orang tersebut adalah Ir. Soekarno, Prof. Dr. Soepomo dan Mohammad Yamin. Mereka memainkan peran kunci dalam merumuskan Pancasila saat memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dari Belanda dan dalam pembentukan pemerintahan yang konstitusional. 

Usulan Rumusan Dasar Negara The Founding Fathers

1. Ir. Soekarno

Soekarno lahir pada tanggal 6 Juni 1901 di kota Surabaya. Ayahnya bernama Raden Soekemi yang merupakan seorang bangsawan Jawa dan seorang guru di sebuah sekolah pendidikan negeri bumiputera di Bali. Di sana pula dirinya menikah dengan Ida Ayu Nyoman Rai.

Beliau juga merupakan presiden pertama bangsa Indonesia. Pada tahun 1945 Soekarno terlibat aktif dalam Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) bentukan Jepang yang beranggotakan 67 orang. Pada sidang BPUPKI pertama pada 1 Juni 1945, Soekarno menyampaikan pidato tentang rumusan Pancasila yang menghasilkan rumusan Pancasila, diantaranya:

a. Kebangsaan (nasionalisme)
b. Kemanusiaan (internasionalisme)
c. Musyawarah, mufakat, perwakilan
d. Kesejahteraan sosial
e. Ketuhanan yang berkebudayaan

 

1
/
2