The Glory Sukses Besar, Penulis Kim Eun Sook Digaji Rp1,2 Miliar per Episode

Icon CameraLisvi Padlilah
Jumat 13 Januari 2023 14:51 WIB
The Glory Sukses Besar, Penulis Kim Eun Sook Digaji Rp1,2 Miliar per Episode
Penulis drama Korea The Glory, Kim Eun Sook. (Foto: celebrities.id/Instagram)

SEOUL, celebrities.id - Drama Korea 'The Glory' tengah banyak di perbincangkan di Korea Selatan maupun internasional. Hal itu tentunya tak lepas dari peran sang penulis bertangan dingin, Kim Eun Sook.

Kim En Sook diketahui telah melahirkan banyak drama populer, sebut saja 'Secret Garden,' 'Descendants of the Sun,' 'The King : Eternal Monarch,' 'The Heirs,' 'Goblin,' Mr. Sunshine, hingga yang terbaru 'The Glory.'

Dengan kemampuannya, tidak heran jika dia juga diganjar penghargaan utama (daesang) dalam beberapa acara awarding di Korea Selatan.Ā 

Banyak juga aktor dan aktris Korea Seltan yang dengan senang hati bahkan mengantre untuk main dalam drama yang dia tulis.

Sebagai penulis yang termasuk papan atas dalam industri hiburan Korea Selatan, tentunya honor yang dia terima untuk membuat naskah tidak murah. Bahkan, dalam postingan komunitas online menyebut jika untuk drama terakhirnya, 'The Glory' dia dibayar 100 juta KRW atau sekira Rp1,2 miliar per episode.

Meski demikian, hasil yang dicapai Kim Eun Sook saat ini tidak datang dengan sendirinya. Dia dikenal memiliki kisah hidup yang tak kalah inspiratif.Ā 

Mengutip dari Allkpop, Jumat (13/1/2023), dalam pemberitaaan Channel A dengan tajuk 'Heard It Throug the Grapvine' pada 2019 menyebut jika sang penulis mengalami masa awal yang berat.

"Penulis Kim masuk perguruan tinggi lima tahun lebih lambat dari rekan-rekannya karena dia harus mendapatkan uang untuk membayar uang sekolahnya. Setelah lulus, dia menulis naskah drama di Daehak-ro, tetapi dia adalah seorang penulis yang tidak dikenal jadi dia tidak punya penghasilan tetap," tulis laporan.

"Dikatakan bahwa gaji pertama yang diterima penulis Kim Eunsook dari perusahaan produksi drama adalah 700 ribu KRW (sekira Rp8 juta). Namun, sejak drama "Lovers in Paris" mencatat rating pemirsa sebesar 57,6 persen, lantas biaya naskah per episode meningkat menjadi 30 juta KRW (Rp366 juta).Ā 

"Kemudian, dengan popularitas 'Goblin,' biaya manuskripnya meningkat menjadi 70 juta KRW ~ 80 juta KRW (Rp853 juta - Rp975 juta) per episode. Sekarang, honornya lebih dari 100 juta KRW (Rp1,3 miliar) per episode," lanjut tulisan.

Editor : Lisvi Padlilah

Follow Berita Celebrities di Google News