Tidak hanya Kurangi Kemacetan, Akademisi Sebut Ibu Kota Baru Efektif Redakan Konflik Regional

Inin Nastain
Kamis 12 Mei 2022 18:45 WIB
Tidak hanya Kurangi Kemacetan, Akademisi Sebut Ibu Kota Baru Efektif Redakan Konflik Regional
Kehadiran Ibu Kota Nusantara di Kalimatan dinilai memiliki beberapa keuntungan. (Foto: Nyoman Nuarta)

JAKARTA, celebrities.id - Kehadiran Ibu Kota Nusantara di Kalimatan dinilai memiliki beberapa keuntungan. Hal itu diungkapkan akademisi dari Universitas Multimedia Nasional Ninok Laksono dalam webinar dengan tema 'IKN dalam dinamika keamanan regional dan refleksi identitas Global Indonesia,' Kamis (12/5/2022).

Pindahnya ibu kota dari Jakarta, dinilai langkah tepat mengatasi kemacetan. Selain itu, dengan pindahnya ibu kota ke IKN bisa membuka peluang pemerataan pembangunan

"Saya menilai bagus. Karena ibu kota pindah itu argumennya itu mulai dari yang simpel, mengatasi kemacetan di Jakarta, bagus untuk pemerataan pembangunan dan lain sebagainya," kata Ninok.

Nilai positif juga terlihat dari sisi pertahanan. Keberadaan IKN membuat sistem pertahanan yang imbang di Tanah Air. "Secara pertahanan, itu adanya ibu kota di tengah itu, dari sisi kekuatan itu imbang untuk ke barat, timur, Utara dan Selatan," katanya.
 
Dalam kesempatan itu, Ninok juga menyinggung pemikiran dari para pengamat keamanan. Mereka, kata dia, dalam dekade terakhir menganggap ancaman keamanan Indonesia bukan dari luar. 

"Di lain sisi, selama 2-3 dekade terakhir pemikir keamanan Indonesia itu tidak melihat ancaman eksternal. Tetapi lebih condong pada ancaman internal. Hanya saja dinamika itu , apa yang dibicarakan 2-3 dekade silam itu, tidak berlaku untuk sekarang ini," tuturnya.

Dalam beberapa waktu terakhir, terjadi konflik regional. Laut China, sambungnya, menjadi pemicu ketegangan itu. "Nah, konflik regional inilah yang sekarang menjadi topik yang hangat, walaupun sebetulnya kita ini tidak termasuk negara penge-klaim ketegangan di Laut China Selatan itu," ucapnya.

Editor : Andre Purwanto