Tidur Kurang dari 6 Jam Tiap Hari Bisa Picu Risiko Demensia, Ini Buktinya!

Rizky Pradita Ananda
Jumat 23 April 2021 08:06 WIB
Kurang tidur dapat menyembabkan demensia. (Foto: celebrities.id/ @Boldsky)

JAKARTA, celebrities.id – Mengistirahatkan tubuh itu sangat penting. Maka tak heran jika beberapa ahli kesehatan menyarankan agar dapat tidur dengan rentan waktu tujuh sampai delapan jam per hari. 

Mengapa? Karena ternyata kurang waktu tidur sehari-hari dapat langsung berpengaruh pada kesehatan dan kemampuan otak, terutama untuk orang-orang yang sudah memasuki usia paruh baya, usia kepala lima dan enam.

Mengutip People, Kamis (22/4/2021), di studi penelitian yang diterbitkan jurnal Nature Communications menemukan bahwa orang-orang yang sering tidur malam hanya enam jam atau kurang di usia yang sudah 50 dan 60-an, berisiko 30 persen lebih tinggi mengalami demensia (penurunan daya ingat dan kemampuan berpikir) jika dibandingkan dengan orang-orang yang tidur di malam hari selama setidaknya tujuh jam.

Di penelitian tersebut, para peneliti memantau hampir 8.000 orang di Inggris mulai saat mereka berusia 50 tahun dan melacak durasi tidur mereka selama 25 tahun ke depan. Kelompok orang yang hanya tidur enam jam atau kurang dalam semalam lebih berpeluang untuk mengembangkan demensia.

Hal ini bahkan setelah para peneliti memperhitungkan faktor sosiodemografi, perilaku, kardiometabolik, dan kesehatan mental seperti depresi yang diketahui bisa meningkatkan risiko demensia.

 

1
/
2