Tiket Umrah Langka, Asosiasi Ancam Boikot Tidak Berangkatkan Jemaah

Widya Michella
Selasa 02 Agustus 2022 13:15 WIB
Tiket Umrah Langka, Asosiasi Ancam Boikot Tidak Berangkatkan Jemaah
Kabid Umrah Amohuri berencana melakukan pemboikotan penerbangan umrah. (Foto: celebrities.id/Widya Michella)

JAKARTA, celebrities.id - Kabid Umrah Amphuri, Zaky Zakariya Anshary berencana untuk melakukan pemboikotan terhadap penerbangan umrah. Hal ini sebagai respons atas kenaikan dan langkanya harga tiket umrah yang di luar batas kewajaran. 

Diketahui, menyambut musim Umrah1444H/2022-2023 beberapa bulan lalu, Zaky memaparkan muncul harga tiket Umrah EY yang awalnya Rp10 juta sekarang mencapai Rp13 juta. Kemudian penerbangan SV yang awalnya Rp12.1 juta kini Rp14.1-Rp15 juta, JT yang awalnya Rp12-Rp13 juta kemudian tanggal 27 Juli 2022 naik 300 ribu, dan GA yang awalnya Rp13 juta pada 29 Juli kini harga hingga mencapai Rp15.6 juta. 

"Harga ini bisa lebih mahal lagi kalau beli ke broker atau agent ticketing bisa lebih mahal mulai dari Rp200 ribu-Rp1 jutaan.Padahal rata rata penyelenggara menganggarkan tiket musim ini antara Rp12-Rp13 jutaan sekiranya tiket Umrah melambung tinggi tentu perlu ada penyesuaian harga Umrah lagi," ujar Zaky dikutip dalam keterangan tertulisnya, Selasa, (02/08/2022). 

CEO Khazzanah Tours ini mengatakan tidak hanya harga tiket Umrah yang terbang tinggi ke langit tetapi juga susahnya tiket yang di dapat seperti ditelan bumi. Menurutnya asosiasi sulit mengajukan pemesanan tiket ke airlines karena selalu fullbooked, begitu pun juga memesan melalui wholeseller. 

Zaky pun turut mempertanyakan keanehan rata-rata tiket dipegang oleh broker tiket/agent ticketing lepas yang tidak mempunyai perusahaan dan juga jemaah.  Sehingga Zaky menduga seperti ada permainan antara airlines dan broker.

"Contoh yang dialami Khazzanah Tours mengajukan ribuan tiket ke salah satu penerbangan hanya mendapat beberapa group saja, fenomena yang terjadi di semua Asosiasi,"kata dia. 

 

1
/
2