Timnas Indonesia Menang 2 Kali atas Curacao, Ternyata Ini Rahasianya

Icon CameraAgung Nugroho Bakti Sarasa
Rabu 28 September 2022 19:04 WIB
Timnas Indonesia Menang 2 Kali atas Curacao, Ternyata Ini Rahasianya
Timnas Indonesia bekuk Curacao 2 kali berturut-turut. (Foto: SportStars/PSSI)

BANDUNG, celebrities.id - Pemerhati olahraga yang juga Direktur Pusat Kajian Pengembangan Olahraga Indonesia, Dr Hilman Mauludin memberikan bocoran terkait rahasia kemenangan Indonesia pada leg ke-2 melawan Curacao. 

Seperti diketahui Indonesia berhasil unggul 2-1 di menit akhir lewat gol Dendy Sulistyawan pada menit 87 di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor. Sebelumnya, Indonesia juga unggul 3-2 atas Curacao dalam leg-1 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung. 

Menurut Dr Hilman, salah satu rahasia kemenangan Timnas Indonesia adalah 'team talk' berisi motivasi yang membakar semangat para pemain Timnas. Motivasi ini diberikan langsung oleh Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan. Meski ini salah satu faktor saja, faktor pemain, pelatih hingga official juga berperan penting di sini.

"Ada kata-kata yang menurut saya kuat di sini. Pak Iwan Bule mengatakan bahwa kemenangan sebelumnya di leg pertama telah membuat pahala tersendiri bagi para pemain. Ini karena para pemain Timnas Indonesia telah membuat rakyat Indonesia senang," katanya, Rabu (28/9/2022).

Dr Hilman menganggap hal ini biasanya tidak dilakukan Ketua Umum PSSI. "Ada jarak biasanya antar ketua umum dengan pemain. Nah yang dilakukan Pak Iwan Bule ini semenjak memimpin PSSI ini membuat para pemain jauh lebih bersemangat dalam menghadapi pertandingan," katanya.

Di sisi lain, kata Dr Hilman, suasana hangat atas motivasi tersebut juga sangat berpengaruh pada mentalitas pemain. Ada sikap pantang menyerah yang dibentuk dari pembicaraan pra pertandingan ini.

"Saya melihat langsung dan mendengar sendiri dari para pemain, semua kebutuhan mereka ini dilayani oleh Pak Iwan Bule. Baik dari apparel, transportasi atau kebutuhan mendadak mereka. Bagi Pak Iwan dengan melayani para pemain Timnas Garuda itu merupakan bagian penting dalam melayani Bangsa Indonesia," tuturnya. 

Apalagi, tekanan dalam pertandingan ini sangat tinggi dimana peringkat Indonesia dengan Curacao terpaut puluhan ranking.

"Pemain kita yang di luar negeri dan rasakan atmosfer di sana hanya sedikit. Sedangkan dari Curacao hampir semua main di liga-liga luar, bahkan ada juga dari Liga Inggris yang memperagakan sepak bola cepat dan terkadang keras," katanya. 

 

1
/
2