Tingkat Organisasi Kehidupan dari Terkecil sampai Terbesar, Mulai Molekul

Bertold Ananda
Senin 19 September 2022 11:54 WIB
Tingkat Organisasi Kehidupan dari Terkecil sampai Terbesar, Mulai Molekul
Tingkat organisasi kehidupan dari terkecil sampai terbesar. (Foto: Pixabay/PublicDomainPictures)

JAKARTA, celebrities.id - Tingkat organisasi kehidupan dari terkecil sampai terbesar perlu kamu ketahui dengan baik karena termasuk dalam struktur biologi yang saling berhubungan serta memengaruhi kehidupan. 

Tingkat organisasi kehidupan meliputi beberapa tingkatan mulai dari yang terkecil, sederhana sampai yang terbesar hingga kompleks. 

Lantas, apa saja urutan tingkat organisasi kehidupan dari terkecil sampai terbesar? 

Pada ulasan berikut, celebrities.id telah merangkum dari beberapa sumber terpercaya, Senin (19/9/2022), mengenai tingkat organisasi kehidupan. 

Tingkat Organisasi Kehidupan dari Terkecil sampai Terbesar

1. Molekul

Molekul merupakan unsur kimia dasar penyusun kehidupan. Molekul dibedakan menjadi dua yakni unsur dan molekul senyawa. Senyawa satu ini nantinya mengalami kondensasi hingga membentuk sel.

Contoh molekul: protein, asam nukleat, karbohidrat, lemak, dan vitamin. 

2. Jaringan 

Jaringan dapat diartikan gabungan beberapa kelompok sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama. Jaringan akan tumbuh didalam tubuh makhluk hidup. Beberapa contoh jaringan yang terdapat pada manusia, di antaranya seperti jaringan tulang dan jaringan otot. 

3. Sel 

Sel merupakan tingkatan organisasi kehidupan terkecil kedua yang terdapat pada setiap makhluk hidup. Nantinya kelompok sel tersebut menjalankan fungsinya masing-masing untuk menggerakan sistem lainnya. Contoh sel: bakteri, protozoa dan lainnya. 

4. Sistem Organ 

Sistem organ merupakan tingkat organisasi kehidupan selanjutnya yang ada dalam tubuh makhluk hidup. Sel organ berfungsi sebagai sarana interaksi untuk menggerakan organ lainnya di dalam tubuh makhluk hidup. 

Contoh sistem organ yang dimaksud adalah sistem peredaran darah, organ pernafasan, organ gerak. 

5. Organ 

Organ berfungsi penting sebagai pemersatu beberapa jaringan yang memiliki fungsi untuk bekerja sama menggerakan fungsi tubuh. Organ terdapat dalam berbagai makhluk hidup. Contoh konkrit organ yang dimaksudkan adalah jantung, paru, paru, usus.

 

1
/
2