Tingkatkan Pemerataan Akses Layanan Jantung di Indonesia, Kemenkes Ajak Kolaborasi Cleveland Clinic AS

Muhammad Sukardi
Kamis 22 September 2022 11:19 WIB
Tingkatkan Pemerataan Akses Layanan Jantung di Indonesia, Kemenkes Ajak Kolaborasi Cleveland Clinic AS
Kemenkes siap kolaborasi dengan Cleveland Clinic untuk tingkatkan pelayanan kardiovaskular. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono siap berkolaborasi dengan Cleveland Clinic Amerika Serikat untuk meningkatkan pelayanan kardiovaskular di Indonesia. Ini sebagai langkah nyata pemerintah menjamin kesehatan masyarakat. 

Wamenkes Dante tak menampik bahwa saat ini belum banyak rumah sakit di Indonesia yang mampu memberikan layanan kardiovaskular secara terpadu. Karena hal tersebut, persoalan pun muncul seperti pasien harus dirujuk ke rumah sakit pusat yang mana ini mengakibatkan waktu tunggu pelayanan menjadi sangat lama. 

Bahkan, sambungnya, tidak jarang banyak pasien yang pada akhirnya memutuskan untuk memilih berobat ke luar negeri untuk mendapat pelayanan jantung yang lebih optimal. 

Menyadari masalah ini, Wamenkes mengajak Cleveland Clinic sebagai rumah sakit perawatan jantung nomor satu di dunia untuk berkolaborasi. Dengan begitu, diharapkan dapat dihasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi pemerataan akses layanan jantung di Indonesia. 

"Kerja sama ini harus segera dilakukan untuk meningkatkan, memperkuat, serta meratakan layanan kardiovaskular di Indonesia. Kami akan kembangkan, sehingga masyarakat tidak perlu lagi mengantre lama demi bisa berobat," kata Wamenkes Dante dalam keterangan resminya, Kamis (22/9/2022). 

Dia melanjutkan, penjajakan kemitraan ini sebagai bentuk implementasi dari transformasi kesehatan pilar kedua yaitu transformasi layanan rujukan guna meningkatkan akses dan kualitas layanan sekunder dan tersier, khususnya layanan penyakit jantung agar bisa dikembangan lebih baik lagi seperti yang dilakukan Cleveland Clinic. 

Sejauh ini, sudah ada beberapa potensi kolaborasi yang bisa dikembangkan antara Indonesia dengan Cleveland Clinic. Menurut Rosanne Kho, Medical Direktorat International Business Development Cleveland Clinic, itu diantaranya consulting agreement, CC Service Line, dan CC Strategic Partnership seperti yang telah dilakukan di China. 

Termasuk melakukan kerja sama pengembangan sumber daya manusia kesehatan yang meliputi pelatihan dokter (observership, proctorship, seminar), dan konsultasi dokter-ke-dokter antara Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah (RSJPD) Harapan Kita dengan Cleveland Clinic. 

"Kami berharap kerjasama ini bisa segera terwujud dalam waktu dekat," ujar Wamenkes Dante.

Editor : Tia Ayunita