11 Tips agar Terlihat Lebih Bahagia, Cintai Diri Sendiri hingga Beri Apresiasi

Iqbal Widiarko
Senin 09 Mei 2022 11:11 WIB
11 Tips agar Terlihat Lebih Bahagia, Cintai Diri Sendiri hingga Beri Apresiasi
Tips agar terlihat lebih bahagia harus dimulai dari pikiran kita sendiri. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Tips agar terlihat lebih bahagia dalam menjalani hidup turut dipengaruhi oleh pikiran kita sendiri. Kebahagiaan diri sendiri pun berkaitan dengan kesehatan mental yang baik.

Kesehatan mental sendiri akan mempengaruhi berbagai aspek hidup kita. Manusia perlu memiliki kemampuan untuk bisa mengolah perasaan, pikiran, hingga diri untuk senantiasa bahagia dalam berbagai tekanan.

Cara berpikir dan bertindak dalam kehidupan sehari-hari merupakan langkah memiliki hidup lebih bahagia. Kita memang harus banyak beradaptasi dengan kebiasaan baru sehingga membuat sebagian dari kita merasa khawatir dengan tantangan yang akan dihadapi.

Self love atau mencintai diri sendiri merupakan salah satu kunci untuk terus melaju dengan bahagia.

Dilansir dari berbagai sumber pada Senin (9/5/2022), celebrities.id telah merangkum tips agar terlihat lebih bahagia sebagai berikut.

Tips Agar Terlihat Lebih Bahagia

1. Posisikan Diri Mampu Melakukan Apapun

Sebagai contoh jika ada presentasi yang harus dilakukan dan kita merasa takut, masuklah ke dalam kepercayaan diri di batin kita, walaupun berbicara di depan umum cukup bisa menyebabkan kita berlari dan bersembunyi. Katakan pada diri sendiri bahwa kita bisa melakukannya.

Kemungkinannya, jika kita memperlihatkan kepercayaan diri, orang-orang akan percaya bahwa kita memang kompeten. Bicaralah dengan lantang dan jelas, serta bersikaplah seakan kita benar-benar percaya diri dengan kemampuan kita.

Hal sebaliknya juga benar. Jika kita memulai presentasi dengan merasa takut, banyak hal dapat membuat rasa takut kita terlihat, seperti suara yang bergetar, kurangnya kontak mata, bersikap bingung, dan lain sebagainya.

2. Coba Lebih Rutin Berolahraga

Aktivitas fisik tak hanya untuk memelihara kesehatan fisik saja, namun juga membantu mengurangi stres, rasa cemas, dan gejala depresi. Rutin berolahraga dikaitkan dengan naiknya rasa harga diri (self-esteem) dan rasa bahagia.

Kita tak perlu berolahraga berat untuk mendapatkan manfaatnya. Salah satu olahraga ringan yang bisa kita coba, yakni rutin berjalan kaki berkeliling kompleks, mengikuti kelas-kelas seperti kelas yoga, dan melakukan peregangan saat hendak tidur.

3. Coba Sesekali Hiraukan Komentar dari Orang Lain

Tidak bisa dihindari opini atau komentar yang keluar dari orang lain, sesama teman atau hanya orang iseng dapat membuat kita kepikiran dan akhirnya mencoba berperilaku seperti yang mereka ekspektasikan ke diri kita.

Cara hidup bahagia adalah dengan mulai menyaring komentar orang lain ke diri sendiri. Langkah ini bisa membuat kita lebih bahagia karena pada dasarnya kita tidak bisa membuat semua orang senang. Lakukan yang terbaik untuk dirimu.

4. Awali dengan Mengapresiasi Diri Sendiri

Kebahagiaan tidak hanya didapat dari orang lain tetapi juga diri sendiri. Dengan berpikir positif dan mengapresiasi diri serta dunia maka dunia akan terasa lebih indah dan menyenangkan.

Di samping itu, pikiran positif akan menekan hal negatif dari dalam diri dan membuat seseorang akan lebih menghargai dan bersyukur dengan apa yang ada di lingkungan juga dirinya.

 

1
/
3