Tips Aman Terhindar dari Serangan Jantung saat Bersepeda, Lakukan secara Bertahap

Aan Haryono
Selasa 01 Juni 2021 15:44 WIB
Lakukan secara bertahap jika ingin olahraga sepeda. (Foto: celebrities.id/Instagram @goshow.cc)

SURABAYA, celebrities.id - Bersepeda menjadi salah satu olahraga yang mudah untuk dilakukan, terlebih dengan kondisi pandemi seperti sekarang ini. 

Masyarakat menganggap bersepeda menjadi pilihan olahraga yang tepat untuk menjaga imunitas. Namun, tetap saja ada ancaman serangan jantung bagi mereka yang tidak memperhatikan kondisi tubuhnya.
Pakar Kardiologi Universitas Airlangga Dr. dr. Meity Ardiana SpJP(K) menuturkan, bersepeda bermanfaat bagi kesehatan jantung karena dapat menurunkan angka penyakit kardiovaskuler dan pembuluh darah jantung.

Dosen yang juga seorang dokter spesialis jantung dan pembuluh darah tersebut memberikan tips aman saat bersepeda agar terhindar dari serangan jantung dan kejadian yang tidak diinginkan. Jika ada individu yang berisiko dengan penyakit jantung, sebaiknya mereka melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada ahli jantung.

“Individu yang berisiko dengan penyakit jantung maka dianjurkan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada ahli jantung,” katanya, Selasa (1/6/2021).

Dia melanjutkan, jika individu tidak memiliki faktor risiko penyakit jantung maka sebaiknya melakukan olahraga bersepeda secara bertahap. Tahapan tersebut didasarkan atas pertimbangan FITT (frequency, intensity, time, type).

Misalnya frequency, bersepeda dapat dilaksanakan tiga kali seminggu kemudian bertahap hingga bisa dilakukan setiap hari atau tujuh kali seminggu.

 

1
/
2