Tips Atasi Anak Picky Eater, Pastikan Orangtua Memberikan Contoh yang Baik

Icon CameraKevi Laras
Rabu 25 Januari 2023 23:04 WIB
Tips Atasi Anak Picky Eater, Pastikan Orangtua Memberikan Contoh yang Baik
Tips Atasi Anak Picky Eater, Pastikan Orangtua Memberikan Contoh yang Baik. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Gerakan tutup mulut (GTM) atau lebih dikenal sebagai picky eater pada anak kerap membuat para orangtua frustrasi.

Para orangtua khawatir sang anak tidak mendapatkan cukup gizi dan berpengaruh pada kondisi kesehatannya. Lantas bagaimana cara memenuhi asupan gizi pada anak dengan GTM?

Menurut Dokter Gizi dr Marya Haryono, M. Gizi, Sp.GK FINEM diperlukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter jika anak mengalami GTM dalam jangka waktu yang panjang atau berulang.
 
"Anak merasa terganggu atau tidak suka risikonya tadi jangankan protein tapi segala unsur makanan tidak terpenuhi. Jadi ya berisiko stunting dan lainnya, kalau anak sudah bergejala GTM dalam jangka panjang harus segera diperiksakan ke dokter," ujar dr Marya dalam Talkshow Pentingnya Protein untuk Cegah Stunting bersama Kalbe di Jakarta, Rabu (25/1/2023)

Lebih lanjut, dia mendorong setiap orangtua untuk memberikan contoh pada anak. Dengan ikut melakukan aktivitas makan dengan asupan sehat, agar anak memiliki sosok yang baik untuk ditirukan. Selain itu, waktu atau tempo anak makan juga harus diperhatikan. Orangtua diminta tidak selalu memberikan makanan pada anak.

"Sehingga anak harus diatur jam makannya teratur. Sehingga orang dewasa juga menerapkan (sebagai contoh) agar anak bisa melihat," katanya.

Melansir dari WebMD, untuk menaklukkan anak yang picky eater, ada beberapa kiat yang bisa dilakukan, diantaranya:

  1. Jangan pernah memaksakan makan. Jika si kecil memalingkan kepalanya dari sendok, mereka memberi tahu Anda dengan jelas bahwa mereka sudah cukup.
  2. Cobalah tekstur yang berbeda. Bahkan bayi memiliki preferensi makanan. Beberapa menikmati makanan basah, sementara yang lain lebih suka makanan ringan.
  3. Ubah tempo. Beberapa bayi ingin makan dengan cepat, yang lainnya lambat.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra

Follow Berita Celebrities di Google News