Tips Belajar Latihan Mobil untuk Pemula, Terpenting Jaga Konsentrasi

Tangguh Yudha
Rabu 25 Mei 2022 23:25 WIB
Tips Belajar Latihan Mobil untuk Pemula, Terpenting Jaga Konsentrasi
tips belajar mobil. (Ilustrasi: Pixabay)

JAKARTA, celebrities.id - Tidak sedikit yang merasa kesulitan saat belajar mengendarai mobil. Padahal jika mau memperhatikan beberapa hal, mobil bisa dengan sangat mudah ditaklukkan.

Bagi kalian yang merasa kesulitan belajar mengendarai mobil, ada beberapa tips yang bisa diikuti untuk membantu mempercepat menguasai kemudi mobil.

Nah apa saja tipsnya, berikut kami sajikan informasi lengkapnya, seperti dilansir dari laman resmi Auto2000, Rabu (25/5/2022)

1. Kenali Seluruh Fitur Mobil

Sebelum mengendarai mobil, ada baiknya untuk mengenal seluruh fitur penting dalam mengemudi mobil serta fungsinya. Pelajari fitur satu per satu hingga benar-benar paham.

Kenali fitur pada dashboard seperti roda kemudi, tombol lampu sein (lampu belok), klakson, dan tuas persneling serta waktu yang tepat untuk menggunakannya.

Selain itu, pahami juga fungsi pedal utama pada mobil, yaitu kopling, rem, dan gas. Setelah itu, coba hidupkan fitur sebelum menyalakan mobil agar tidak kagok saat berkendara.

 

2. Cari Tempat Latihan yang Aman

Penting untuk memilihlah daerah latihan yang aman, yakni tempat luas dan sepi dari kendaraan atau pemukiman agar tidak membahayakan orang lain.

Lakukan latihan di tempat tersebut secara rutin sampai terbiasa, barulah mulai belajar mengendarai mobil di jalan yang sedikit ramai dengan medan yang lebih ekstrim.

3. Atur Jok Senyaman Mungkin

Posisi duduk juga menentukan kenyamanan dan konsentrasi selama berkendara. Tegakkan sandaran jok supaya mata tetap tertuju ke arah jalanan.

Hindari posisi duduk tegang karena bisa mengganggu konsentrasi saat mengemudikan mobil. Pastikan juga jarak antara jok dan dashboard cukup lebar agar kaki leluasa.

 

4. Berlatihlah Mengendalikan Rem, Gas, dan Kopling

Tiga komponen di atas merupakan komponen yang sangat penting. Pahami tiga pedal tersebut dan bertanyalah kepada instruktur mengenai timing yang tepat untuk menggunakannya.

Sebelum menjalankan mobil, kuasai cara menekan pedalnya, yaitu menginjak penuh dan melepaskannya secara perlahan. Jangan buru-buru melepaskan pedal karena bisa membuat mobil mati.

5. Jaga Konsentrasi selama Belajar Mengemudi

Kunci penting dalam belajar mengemudi mobil adalah konsentrasi. Hilangkan mindset buruk tentang latihan mengemudi mobil karena bisa menghambat perkembangan.

Tenangkan pikiran dan tetap rileks sebelum mengendarai mobil agar konsentrasi tetap terjaga. Jangan biarkan perhatian teralihkan oleh kondisi jalanan.

Editor : Hadits Abdillah