Tips Cegah Kata Sandi agar Tidak Mudah Diretas Pakai AI, Pakai Paling Sedikit 15 Karakter

Icon CameraAnjasman Situmorang
Minggu 09 April 2023 07:25 WIB
Tips Cegah Kata Sandi agar Tidak Mudah Diretas Pakai AI, Pakai Paling Sedikit 15 Karakter
Tips cegah kata sandi agar tidak mudah diretas pakai AI. (Foto: celebrities.id/Gadgets Now)

JAKARTA, celebrities.id - Sebuah studi baru mengungkapkan bahwa kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) bisa dengan mudah meretas kata sandi (password) sebuah akun. Para ahli telah mewanti-wanti perkembangan AI bisa menjadi ancaman serius bagi keamanan siber.

Studi ini melibatkan cracker kata sandi berbasis AI PassGAN untuk menganalisis 15.680.000 kata sandi. Menurut laporan studi yang dilakukan oleh Home Security Heroes, sekitar 51 persen dari kata sandi umum bisa dipecahkan oleh AI hanya dalam waktu kurang dari satu menit.

Sementara jika dikerucutkan lagi, ada 65 persen kata sandi umum yang bisa diketahui dalam kurun waktu kurang dari satu jam. Sedangkan 81persen password dapat dipecahkan dalam waktu kurang dari satu bulan, demikian seperti dilansir dari Gadgets Now, Minggu (9/4/2023).

Berdasarkan hasil penelitian, kata sandi dengan 18 karakter cenderung lebih aman dari para peretas kata sandi AI. Hal ini karena PassGAN butuh waktu sekurang-kurangnya 10 bulan untuk memecahkan kata sandi yang hanya berisi angka.

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Celebrities.id tidak terlibat dalam materi konten ini.