9 Tips Menjadi Fotografer untuk Pemula, Kuasai Teknik Dasar Pengambilan Gambar

Iqbal Widiarko
Rabu 22 Juni 2022 10:04 WIB
9 Tips Menjadi Fotografer untuk Pemula, Kuasai Teknik Dasar Pengambilan Gambar
Tips menjadi fotografer untuk pemula bisa kamu coba dengan rutin berlatih memotret. (Pexels)

JAKARTA, celebrities.id - Tips menjadi fotografer untuk pemula dapat kamu gunakan sebagai referensi terbaik dalam mempelajari dunia fotografi. 

Kegiatan fotografi merupakan sebuah seni yang mahal karena untuk mendapatkan hasil karya tersebut kita perlu mempelajari hal-hal teknis fotografi yang baik dan benar.

Dengan mempelajari teknik fotografi serta rutin mempraktekkannya, kita akan semakin paham esensi dari estetika sebuah foto agar menghasilkan foto indah dan menarik. Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam melakukan pemotretan yakni unsur pencahayaan.

Pencahayaan dalam memotret merupakan proses dimana cahaya masuk dalam sebuah film atau sensor yang terdapat pada kamera. Cahaya yang diterima objek harus cukup sehingga dapat terekam dalam film atau sensor. Proses pencahayaan juga berkaitan dengan perpaduan bukaan diafragma, kecepatan rana dan kepekaan film atau ISO.

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Selasa (21/6/2022) telah merangkum tips menjadi fotografer untuk pemula, sebagai berikut.

Tips Menjadi Fotografer untuk Pemula

1. Belajar Memilih Objek Foto

Definisi foto yang bagus memang cukup subjektif, namun secara umum foto yang memiliki exposure pas, komposisi yang tepat dan fokus, dapat dikategorikan sebagai foto yang baik. Masih banyak orang yang hanya fokus pada objek foto yang dibidik. Padahal, background atau latar belakang juga mempunyai nilai tersendiri dalam memperindah foto.

Sederhananya, kamu bisa memulai menggunakan konsep objek garis, lingkaran atau kotak. Dalam beberapa waktu cobalah hanya memotret sebuah konsep objek. Apabila dari awal konsisten menetapkan pada satu objek, lupakan objek foto lain. Hal ini bermanfaat dalam penguasaan sebuah objek sebelum menilik objek lainnya.

2. Mengenal Teknik Pencahayaan

Dalam buku Teknik Fotografi "Belajar dari Basic Hingga Profesional" oleh Irdha Yunianto, teknik pencahayaan terfokus pada empat bagian penting yakni kualitas cahaya, intensitas cahaya, arah cahaya dan sumber cahaya.

Kualitas cahaya memfokuskan pada hard light (kontras tinggi) dan soft light (kontras rendah). Kemudian intensitas cahaya mengacu pada hubungan timbal balik antara
ketersediaan cahaya dan kebutuhan kita ketika memotret.

Arah cahaya juga termasuk dalam teknik pencahayaan fotografi yang dikenal hingga kini. Dan sumber cahaya bisa dibedakan menjadi available light, artificial light dan juga mix light.

3. Memahami Sudut Pandang atau Angle

Secara umum, terdapat beberapa angle yang kerap digunakan oleh para fotografer baik pemula maupun profesional, diantaranya:

a. Low Angle
b. High Angle
c. Eye Level
d. Bird Eye View
e. Frog Eye View

 

1
/
3