Tips Menjaga Kesehatan Mental Paska Berpisah dengan Pasangan, Salah Satunya Mencari Dukungan

Icon CameraMuhammad Arif
Senin 12 September 2022 13:27 WIB
Tips Menjaga Kesehatan Mental Paska Berpisah dengan Pasangan, Salah Satunya Mencari Dukungan
Tips menjaga kesehatan mental. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Berakhirnya suatu hubungan dapat mendatangkan malapetaka pada kesehatan mental seseorang seperti menghadapi emosi yang sulit, berdamai dengan dirinya sendiri dengan akhir menerima bahwa move on adalah satu-satunya jalan ke depan yang tidak mudah.

Perpisahan adalah fase yang sulit bagi siapa pun. Para ahli mengatakan tidak apa-apa untuk meluapkan semua kesedihan, sakit hati, emosi yang sulit untuk sementara waktu dan membiarkan semuanya keluar.

Arouba Kabir selaku Konselor dan Pendiri Enso Wellness yang berkonsentrasi pada kesehatan mental memberikan tips mengelola stres saat berpisah dengan pasangan.

"Berpisah dari pasangan menjadi pengalaman yang menguras emosi. Namun, jika tidak efektif mengelola stres dan perasaan tidak menyenangkan yang terkait dengan perpisahan, hasilnya secara bertahap dapat memiliki dampak yang lebih buruk," kata Arouba Kabir, Konselor & Pendiri Pusat Kesehatan Mental, Enso Wellness dilansir dari Hindustantimes pada Senin (12/9/2022).

Lebih lengkapnya, berikut tips menjaga kesehatan mental paska berpisah dengan pasangan.

Tips menjaga kesehatan mental paska berpisah dengan pasangan

1. Cari dukungan

Penting untuk mengeluarkan emosi dan inilah saatnya ketika seorang teman, keluarga, kerabat atau bahkan terapis dapat membantu secara emosional dengan membedakan antara cara yang tidak sehat dan cara yang sehat untuk mengatasi perpisahan.

"Perpisahan berdampak buruk pada kesehatan emosional seseorang, sehingga sangat penting bahwa semua emosi diungkapkan alih-alih tertahan. Kamu dapat mencoba membuat jurnal, mencari dukungan dari teman dan keluarga, bergabung dengan kelompok pendukung atau berbicara dengan terapis," kata Kabir.

2. Lakukan hal yang menyenangkan

Melibatkan diri dengan hal yang mampu membuat rileks dan menyenangkan bisa membantu mengurangi stres akibat berpisah dengan pasangan. Lakukan hobi dengan teman atau bertemu dengan teman dapat membantu mengurangi beban.

3. Jangan tahan kesedihan

Tidak masalah untuk merasa baik suatu hari dan menangis pada hari berikutnya. Tidak ada batas waktu untuk berhenti merasa tidak enak. Jangan sembunyikan emosi dan rasakan, proses dan lepaskan.

 

4. Tinggalkan hal negatif

Saat berpisah dengan pasangan, cobalah ingat saat-saat sekarang. Pasti ada hal yang membantu kamu untuk tumbuh. Gunakan hal tersebut untuk melindungi dan menyembuhkan diri sendiri serta pahami bahwa kamu tidak bisa kembali ke masa lalu dan mengubah banyak hal.

5. Hindari membuat keputusan terburu-buru

Hindari membuat keputusan atau perubahan apapun dalam hidup ketika berada di bawah banyak tekanan sebelum kamu mempertimbangkan semua konsekuensinya. Saat melalui perpisahan, kita sering membuat keputusan yang seringkali lebih menyakiti kita dalam jangka panjang.

6. Hindari sifat kekanak-kanakan

Mungkin kamu juga mengalami kesulitan dalam melepaskan hal-hal sebelumnya. Dan kadang hal tersebut membuat sisi inner child terluka. Namun kamu harus mencegah hal tersebut, cobalah untuk pergi ke luar, berinteraksi dengan orang lain, atau pergi berlibur bisa membantu.

Editor : Tia Ayunita