Tips Pengendara Mobil Terhindar dari Kecelakaan dengan Truk di Jalan Tol, Salah Satunya Patuhi Batas Kecepatan

Icon CameraRaden Yusuf Nayamenggala
Senin 16 Januari 2023 22:47 WIB
Tips Pengendara Mobil Terhindar dari Kecelakaan dengan Truk di Jalan Tol, Salah Satunya Patuhi Batas Kecepatan
Inilah tips bagi pengemudi mobil untuk menghindari kecelakaan dengan truk di jalan tol. (Ilustrasi: Instagram)

JAKARTA, celebrities.id - Inilah tips bagi pengemudi mobil untuk menghindari kecelakaan dengan truk di jalan tol.

Kecelakaan antara mobil pribadi dengan truk di jalan tol kerap kali terjadi. Pemicunya beragam. Mulai dari lambatnya laju truk, bagian belakang truk yang tak terlihat hingga faktor lainnya.

Untuk menghindari kecelakaan dengan truk di jalan tol, ada sejumlah hal yang perlu kamu ketahui. Berikut ini adalah deretan tips mudah agar terhindar dari kecelakaan dengan truk seperti yang dikutip dari siaran pers Auto2000, Senin (16/1/2023). 

Tips bagi Pengendara Mobil Terhindar dari Kecelakaan

1. Pahami Kekurangan Truk

Kamu wajib memahami kekurangan truk tentang dimensi dan bobotnya yang besar. Karena, truk bergerak lambat, hingga membutuhkan waktu untuk akselerasi dan pengereman. Selain itu, truk juga membutuhkan ruang yang luas saat bermanuver, dan memiliki blind spot yang luas.

2. Jangan Mengemudi secara Agresif

Jalan tol yang bebas hambatan kerap kali memicu pengemudi untuk melaju dengan agresif. Seperti berpindah jalur secara tiba-tiba, karena tak sabar menunggu mobil di depan pindah ke lajur kiri. Masalahnya, di lajur kiri kerap terdapat truk yang melaju perlahan. Dengan perbedaan kecepatan yang tinggi, tanpa disadari mobil tiba-tiba dekat dengan bak truk. Hal itu tentunya sangat berisiko. Karena itu, kamu harus mengemudi dengan sabar.

3. Waspada Pergerakan Truk di Depan

Apabila kamu melaju di belakang truk, tingkat kewaspadaan kamu harus ditingkatkan. Hal itu sangat berguna untuk mengantisipasi bila ada salah satu truk yang secara mendadak berpindah lajur untuk menyalip truk di depannya. Sebaiknya jangan ragu untuk memberikan isyarat lampu dim saat ada kendaraan yang ingin bergerak ke kanan. Sebaiknya segera kurangi kecepatan, apabila truk tersebut tetap memaksa untuk pindah lajur.

4. Patuhi Batas Kecepatan di Jalan

Jalan tol antar kota memiliki batas kecepatan minimal 60 km/jam dan maksimal 100 km/jam. Di sejumlah lokasi, seperti daerah rawan kecelakaan atau jalan pegunungan, kecepatan maksimal turun menjadi 80 km/jam.

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2