Tips Poles Mobil, Dijamin Kinclong Maksimal

Tangguh Yudha
Minggu 12 Juni 2022 19:53 WIB
Tips Poles Mobil, Dijamin Kinclong Maksimal
Tips memoles mobil biar kinclong. (Foto: Freepik.com)

JAKARTA, celebrities.id - Mobil dengan cat yang kinclong tentu jadi impian semua orang. Namun, untuk memoles mobil perlu mengetahui cara yang benar agar mobil benar-benar kinclong maksimal.

Untuk memoles mobil memakan waktu tidak sebentar dan membutuhkan ketelitian selama proses pengerjaannya. Ini supaya lapisan cat mobilnya tetap terjaga dan tidak rusak.

Nah, agar kesalahan ini tidak terjadi, berikut ini adalah tips memoles mobil sendiri agar kinclong maksimal, seperti dilansir dari blog Auto2000, Minggu (12/6/2022).

1. Siapkan Peralatan Poles

Peralatan poles mobil terdiri dari kain microfiber lembut dan cairan poles. Ada dua jenis cairan poles yang tersedia di pasaran, yaitu wax dan hard shell dan Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan.

Pilihlah cairan poles berkualitas tinggi meskipun harganya mahal agar tidak membahayakan cat mobilnya. Saat membeli cairan poles, bacalah dahulu reviewnya agar lebih aman saat digunakan.

2. Cuci Mobil Sampai Bersih

Setelah peralatan disiapkan, cuci mobil dahulu sampai bersih hingga tidak ada kotoran atau debu menempel di permukaannya. Langkah ini bisa menghindari munculnya baret atau goresan saat dipoles.

Gunakan mesin cuci mobil di rumah supaya bersih maksimal dan kualitas cat mobilnya tetap terjaga. Jangan gunakan jenis sabun lain selain sabun cuci mobil, dan pilihlah produk sabun berkualitas.

 

3. Keringkan Mobil

Hindari mengeringkan mobil dengan cara dibiarkan di bawah sinar matahari. Alasannya, sisa-sisa air bisa mengendap dan membentuk water spot dan jamur pada bodi mobil.

Gunakan lap microfiber supaya mobil kering sempurna. Bisa menggunakan lap chamois sebagai alternatif, tetapi bilaslah dahulu menggunakan air bersih supaya cat mobil tidak akan tergores.

4. Mulai Memoles Mobil

Setelah mobil kering sempurna, waktunya memoles mobil. Waktu pengerjaannya bergantung pada tingkat kekusaman dan detail pemolesannya.
 
Butuh waktu lebih lama jika tampilan mobilnya kusam atau membutuhkan detail polesan yang rapi dan teliti. Ikuti langkah di bawah ini untuk memoles mobil sendiri menggunakan tangan:

- Parkir mobil di lokasi yang terang dan aman dari debu atau kotoran lainnya, misalnya garasi atau halaman rumah.

- Siapkan peralatan poles mobil, yaitu cairan poles dan kain microfiber. Teknik poles ini dilakukan secara manual menggunakan tangan.

- Mulai memoles mobil dari bagian atas. Bubuhkan cairan poles pada bagian tersebut, kemudian lap menggunakan kain microfiber sampai mengenai seluruh bagian atasnya. Lakukan dengan gerakan memutar dan berulang-ulang sampai mendapat hasil yang diinginkan.

- Ulangi langkah di atas pada bagian samping, depan, dan belakang mobil secara berurutan. Pastikan satu area mobil sudah dipoles sempurna sebelum berpindah ke area lainnya.

- Lakukan pengecekan kembali setelah mobil selesai dipoles. Bisa juga poles bagian mobil jika perlu. Akhiri proses pemolesan apabila sudah sesuai ekspektasi.

Editor : Hadits Abdillah