Tips Tidak Tertular Virus BA 4 dan BA 5 ala Dokter Reisa: 4-6 Jam Sekali Ganti Masker

Kevi Laras
Kamis 23 Juni 2022 17:50 WIB
Tips Tidak Tertular Virus BA 4 dan BA 5 ala Dokter Reisa: 4-6 Jam Sekali Ganti Masker
Dokter Reisa berbagi tips agar tidak mudah tertular virus BA 4 dan BA 5. (Foto: YouTube/Siaran Sehat)

JAKARTA, celebrities.id - Dua subvarian baru dari varian Omicron, BA 4 dan BA 5, memicu kenaikan kasus Covid-19 di berbagai negara. 

Menurut Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Covid-19 dr Reisa Broto Asmoro mengatakan BA 4 dan BA 5 sangatlah mudah menular. 

Karena itu, diperlukan upaya dalam pencegahan untuk tertular. Reisa mengatakan, penggunaan masker dengan baik dan bersih menjadi perhatian. Penggunaan masker dalam kegiatan sehari-hari, bisa menyebabkan masker basah atau kotor.

Dia pun meminta agar segera menggantinya setiap empat sampai enam jam setiap harinya. Masker masih dinilai lebih efektif, setelah melakukan vaksinasi Covid-19.

"Berdasarkan penelitian penularan lebih cepat. Jadi masih penting dan efektif penggunaan masker dan mengganti bila kotor atau basah. Minimal empat sampai enam jam sekali ganti masker," kata dr Reisa dalam Siaran Sehat, dikutip Kamis (23/6/2022)

Gejala BA 4 dan BA 5

Mengingat subvarian baru BA 4 dan BA 5 merupakan turunan dari varian Omicron. Menurut Reisa, gejalanya cukup ringan seperti flu atau influenza. Bahkan sulit dibedakan antara influenza Covid-19 dengan influenza biasa. Menurutnya perlu melakukan testing Covid-19 dengan swab antigen atau PCR.

"Sebab memang gejala Covid ini seperti influenza sehingga sulit dibedakan jadi diperlukan melakukan testing Covid-19 (swab PCR atau Antigen)," katanya.

Namun melihat kasus BA 4 dan BA 5 yang terdeteksi di Indonesia, sejauh ini sudah terjadi 20 kasus. Mayoritas mengalami gejala ringan seperti mual, muntah, menjadi lemas, hingga sesak napas.

Editor : Andre Purwanto