Tokoh dan Seniman Betawi Jadi Nama Jalan di Jakarta, Begini Pertimbangannya 

Muhammad Refi Sandi
Selasa 21 Juni 2022 14:41 WIB
 Tokoh dan Seniman Betawi Jadi Nama Jalan di Jakarta, Begini Pertimbangannya 
Mendiang Mpok Nori dan Haji Bokir jadi nama jalan di Jakarta, kenang seniman Betawi. (Foto: Antara)

JAKARTA, celebrities.id - Kepala Dinas Kebudayaan (Kadisbud) DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana mengatakan proses pengabdian tokoh Betawi dan Jakarta sebagai nama jalan dilaksanakan dengan mempertimbangkan nilai sejarah dan ketokohan nama yang diusulkan maupun nilai historis atas nama jalan eksisting akan digantikan. 

"Setelah melalui proses pengkajian dari aspek sejarah, selanjutnya dilaksanakan komunikasi dan pembahasan lebih detail dengan para sejarawan, Forum Pengkajian dan Pengembangan Perkampungan Budaya Betawi, serta tokoh-tokoh Betawi," kata Iwan Wardhana, Selasa (21/6/2022).

Iwan Wardhana menambahkan daftar usulan nama jalan yang telah dibahas bersama pihak-pihak terkait, kemudian diproses dan dievaluasi sesuai dengan ketentuan Keputusan Gubernur (Kepgub) DKI Jakarta No. 28 Tahun 1999 tentang Pedoman Penetapan Jalan, Taman dan Bangunan Umum di Daerah Khusus Ibukota Jakarta. 

Usulan nama-nama jalan yang sudah disosialisasikan dan mendapatkan penerimaan yang baik dari masyarakat, selanjutnya ditetapkan dalam Keputusan Gubernur. 

“Pada penetapan tahap pertama ini, terdapat 32 nama jalan, gedung, dan zona yang diubah secara serentak di 5 wilayah kota dan Kabupaten Kepulauan Seribu. Dengan rincian delapan ruas jalan di Jakarta Pusat, satu ruas jalan di Jakarta Utara, dua ruas jalan di Jakarta Barat, empat ruas jalan di Jakarta Selatan, lima jalan di Jakarta Timur, dua jalan di Kepulauan Seribu, lima gedung di lima wilayah kota, dan lima zona di Perkampungan Budaya Betawi Jakarta Selatan,” ujarnya.

 

1
/
2