Top 5 Lauk yang Indonesia Banget untuk Rayakan Kemerdekaan!

Icon CameraMNC Portal
Rabu 17 Agustus 2022 11:17 WIB
Top 5 Lauk yang Indonesia Banget untuk Rayakan Kemerdekaan!
Top 5 lauk yang Indonesia banget untuk rayakan kemerdekaan!. (celebrities.id/MNC)

JAKARTA, celebrities.id - Berkat perjuangan para pahlawan kita terdahulu, Indonesia telah 77 tahun merdeka. Setiap tahunnya, masyarakat punya caranya masing-masing untuk merayakan kemerdekaan. Mulai dari berlomba, berwisata, serta melakukan hal-hal kreatif lainnya.

Merayakan kemerdekaan tak harus selalu berpesta yang pada umumnya membutuhkan biaya tak sedikit. Jika saat ini kondisi dompet Anda sedang menipis, masih ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk merayakan kemerdekaan Tanah Air tercinta.

Misalnya, dengan memasak hidangan sederhana dari berbagai daerah. Selain bisa menikmati lezatnya hidangan tersebut, Anda juga bisa mempelajari beragam kuliner dari berbagai wilayah di Indonesia. Nah, berikut adalah top 5 lauk yang Indonesia banget untuk merayakan kemerdekaan!

Sate Padang

Hidangan khas Sumatera Barat ini hadir dalam 3 jenis, yakni sate padang, sate padang panjang, dan sate pariaman. Selain berbeda daerah asalnya, ketiga sate tersebut juga hadir dalam sajian bumbu kacang yang berbeda.

Sate padang menggunakan bumbu kacang yang kental dan bentuknya menyerupai bubur. Sate padang panjang biasanya disajikan dengan bumbu sate yang berwarna kuning. Sedangkan, sate pariaman memiliki kuah yang berwarna merah.

Gudeg

Gudeg merupakan makanan khas Pulau Jawa yang terkenal karena manis dan gurih rasanya. Hidangan gudeg banyak dijual di Kota Yogyakarta sehingga kota tersebut mendapat julukan Kota Gudeg.

Bahan utama gudeg adalah nangka yang direbus bersama gula aren, santan, daun salam, serai, dan lengkuas, sampai sangat empuk dan tercampur sempurna. Gudeg biasanya disajikan dengan nasi, telur rebus, potongan ayam, dan sambal goreng krecek yang berisi kulit sapi kenyal.

Ayam Cincane

Makanan khas Kalimantan ini dibuat dengan cara dibumbui dan dibakar. Sekilas, tidak jauh berbeda dengan olahan daging ayam lainnya. Namun, ada ciri khas ayam cincane yang terletak pada penggunaan bumbu merah, rasa lengkuas, jahe, dan kemirinya yang akan langsung terasa di lidah.

 

1
/
2