Torehkan Sejarah Baru MotoGP, Para Pembalap Rookie Kuasai Baris Depan Kualifikasi di Sirkuit Mugello

Quadiliba Al-Farabi
Sabtu 28 Mei 2022 22:25 WIB
Torehkan Sejarah Baru MotoGP, Para Pembalap Rookie Kuasai Baris Depan Kualifikasi di Sirkuit Mugello
Torehkan sejarah baru MotoGP, para pembalap rookie kuasai baris depan kualifikasi di sirkuit Mugello. (Foto: celebrities.id/Instagram @fabiodiggia49)

SAN PIERO, celebrities.id - Sejarah baru tercatat di sesi kualifikasi MotoGP Italia 2022. Sebab, para rookie berhasil mengisi baris terdepan untuk memulai balapan MotoGP Italia 2022 yang digelar pada, Minggu (29/5/2022).

Mengaspal di Sirkuit Mugello, pole position diraih oleh pembalap rookie dari Gresini Racing, Fabio Di Giannantonio. Ini adalah pengalaman pertamanya memulai balap di pole position selama mentas di MotoGP 2022. Seperti diketahui, tahun ini menjadi musim pertama Di Giannantonio di MotoGP setelah datang dari Moto2. Selama tiga tahun, 2019-2021 dia mengaspal di Moto2 bersama tim Speed Up, dan Kalex.

Sejauh tujuh seri awal, Di Giannantonio belum menunjukkan tajinya. Dia masih berada di urutan ke-22 dengan mengumpulkan tiga poin. Raihan pole position ini menjanjikan persaingan lebih ketat lagi di sisa musim.

Catatan tak kalah membanggakan juga dialami peringkat kedua dan ketiga sesi kualifikasi ini. Diisi oleh duo pembalap VR46 Marco Bezzecchi dan Luca Marini. Berada di baris terdepan di kelas utama juga menjadi yang pertama untuk mereka. Bezzecchi belum memberikan persaingan ketat sejak berangkat dari Moto2 awal tahun ini.

Dia kini berada di peringkat ke-18 klasemen MotoGP 2022 dengan mengumpulkan 19 poin. Dua peringkat di bawah rekan setimnya Luca Marini yang mengumpulkan 21 poin. Meski belum pernah meraih grid terdepan selama di MotoGP 2022, Marini sempat memberikan ancaman setiap di sesi latihan bebas. Beberapa kali dia berhasil menjadi yang tercepat di antara tujuh seri sebelumnya.

Dengan adanya tren ini menunjukkan persaingan di MotoGP 2022 ini semakin ketat. Terbukti, dari sesi kualifikasi yang digelar hari ini (28/5/2022) mereka bisa mengalahkan nama-nama besar seperti Fabio Quartararo hingga Marc Marquez. Lebih hebat lagi, Fabio Di Giannantonio yang berhasil yang lebih dulu berjuang di Q1, menjadi yang tercepat, hingga berlanjut di Q2.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra