Tour of Kemala Belitong 2022, Balap Sepeda Dunia Akui Keindahan Alam Belitung

suharli loeli
Minggu 18 September 2022 12:29 WIB
Tour of Kemala Belitong 2022, Balap Sepeda Dunia Akui Keindahan Alam Belitung
Tour of Kemala Belitong 2022. (Foto: Suharli/MNC)

BELITUNG, celebrities.id - Hari kedua Tour of Kemala Belitong 2022 memperlombakan Touring dengan jarak tempuh 56 km. Marco Salvador Lumanong (29) asal Filipina menjadi tercepat sehingga jadi pemenang pertama untuk kategori Men Elite. 

Marco Salvador Lumanong menyebut trek jalan di Belitung penuh turunan dan tanjakan sehingga dirinya sedikit mengalami kesulitan saat mengayuh sepeda untuk berjuang menembus garis finish. 

Diakui Marco, Belitung memiliki pesona tersendiri, dengan pemandangan yang indah dan memuaskan mata. 

"Saya akan ajak-ajak teman-teman dari Filipina jika digelar kembali acara seperti ini," ucapnya, Minggu (18/9/2022). 

Tour of Kemala Belitong 2022 digelar selama dua hari berturut-turut, Sabtu-Minggu (17-18 September 2022) diikuti ratusan pembalap nasional dan internasional. Start pertama dimulai dari Tentang Kopi Black Rocks Belitung, Tanjung Tinggi, Belitung, sama seperti kategori Bicycle Race 125 km di hari sebelumnya.

Saat menyusuri trek di tepi pantai ini, peserta disuguhi pemandangan yang menarik dan indah selain gugus pantainya, Kepulauan Belitung memiliki bebatuan unik sehingga ditetapkan UNESCO sebagai global geopark.

Menurut Winny Agung Budi Maryoto, Ketua Panitia Tour of Kemala Belitong 2022,  penilaian pemenang mengikuti standar internasional dan sudah didaftarkan ke UCI agar para atlet yang mengikuti dapat mendapatkan poin.

Total hadiah yang diperebutkan senilai Rp118 juta untuk kategori 
perlombaan balap sepeda  Touring dengan jarak tempuh 56 km ini. Tak hanya balap sepeda untuk mencari bibit-bibit atlet nasional yang ditampilkan di ajang akbar ini, tetapi juga menjadi  ajang untuk mempromosikan keindahan alam Indonesia  sekaligus membangkitkan aktivitas perekonomian pelaku UMKM lokal. 

Puluhan pelaku UMKM pun hadir dengan membuka stand  dengan memasarkan produk-produk. Dari produk berupa batik, cendramata yang menjadi ciri khas Belitung, hingga aneka makanan asli Belitung.  Perputaran uang mencapai ratusan juta bisa diraup para Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). 

 

1
/
2