Toyota Buat Keputusan Berani, Pertahankan Kijang Innova Mesin Diesel di Tengah Tren Mobil Listrik

Icon CameraMuhamad Fadli Ramadan
Selasa 22 November 2022 21:24 WIB
Toyota Buat Keputusan Berani, Pertahankan Kijang Innova Mesin Diesel di Tengah Tren Mobil Listrik
Produksi Innova varian mesin diesel dengan transmisi manual masih dilakukan. (Foto: Tunas Toyota)

JAKARTA, celebrities.id – PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan Toyota Kijang Innova Zenix yang tersedia dalam dua varian, bensin dan hybrid. Pada generasi terbaru, Toyota tidak menyertakan mesin diesel yang menjadi ciri khas mobil tersebut.

Hal ini memperkuat kabar bahwa Toyota akan menghilangkan varian mesin diesel pada Kijang Innova. Padahal, varian mesin diesel masih diminati banyak konsumen, terutama setelah bahan bakar minyak (BBM) alami kenaikan.

Namun, hal tersebut dibantah oleh Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmi Suwandy. Dalam peluncuran Toyota Kijang Innova Zenix, ia mengatakan bahwa varian mesin diesel tetap dipasarkan. Hanya saja menggunakan platform yang terdahulu atau Innova Reborn.

“Jadi untuk konsumen, khususnya konsumen fleet yang masih membutuhkan model lama, kita masih menjual tipe G baik bensin dan diesel. Jadi, kalau masih dibutuhkan tetap bisa dipesan,” kata Anton di Jakarta, Senin (21/11/2022).

Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono juga memastikan bahwa aktivitas produksi Innova varian mesin diesel dan bensin dengan transmisi manual masih dilakukan.

“Ini bukan hanya untuk pasar fleet, bagi perseorangan yang berminat bisa saja beli. Tetap kita sediakan tapi memang model lama. Tapi saya tegaskan loh ya, yang masih kita produksi itu hanya tipe G,” ujar Warih.

Toyota Kijang Innova Zenix sudah mengadopsi teknologi terkini, terutama untuk varian hybrid. Ini dapat mengoptimalkan kontrol produksi tenaga pada mesin bensin dan motor listriknya.

 

1
/
2