Trending Generasi Sandwich, Benarkah Perempuan Usia 30 Tahun Rentan Stres?

Muhammad Sukardi
Selasa 17 Agustus 2021 20:10 WIB
Trending Generasi Sandwich, Benarkah Perempuan Usia 30 Tahun Rentan Stres?
Generasi sandwich adalah suatu istilah yang merujuk pada sekelompok individu yang terjepit dalam pilihan sulit keluarga. (Foto: FREEPIK.com)

JAKARTA, celebrities.id - Pernah mendengar generasi sandwich? Atau ada orang di sekitar Anda yang mengeluh saat ini jadi generasi sandwich?

Generasi sandwich sendiri cukup berisiko alami masalah kesehatan mental. Salah satu penyebabnya adalah tekanan yang datang dari atas maupun bawah. Maksudnya, karena memiliki tuntutan untuk menyanggupi kehidupannya sendiri dan keluarga besar, terutama orangtua yang sudah lanjut usia, pribadi ini rentan merasa tidak pernah cukup.

Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa RS Pondok Indah - Pondok Indah, dr Zulvia Oktanida Syarif, Sp.KJ, menerangkan makna dari generasi sandwich itu sendiri.

"Generasi sandwich adalah suatu istilah yang merujuk pada sekelompok individu yang 'terjepit' di antara tuntutan simultan dalam merawat orangtuanya yang telah lanjut usia sekaligus merawat anak-anaknya yang masih bergantung padanya, baik secara fisik, mental-emosional, maupun finansial," kata dr Zulvia mengacu pada teori Ward & Spitze (1998), dalam keterangan resmi yang diterima MNC Portal, Selasa (17/8/2021).

Istilah generasi sandwich,menurut dr Zulvia, muncul pertama kali dari dua pekerja sosial bernama Dorothy Miller dan Elaine Broody pada 1981 untuk menggambarkan pelaku rawat (caregiver) yang terjepit di antara dua generasi.

 

1
/
2