Twitter Dikabarkan Nonaktifkan Kantor di Brussel, Ada Apa?

Icon CameraRaden Yusuf Nayamenggala
Jumat 25 November 2022 20:59 WIB
Twitter Dikabarkan Nonaktifkan Kantor di Brussel, Ada Apa?
Twitter dikabarkan nonaktifkan alias menutup kantornya di Brussel. (Ilustrasi: GizChina)

JAKARTA, celebrities.id - Twitter dikabarkan nonaktifkan alias menutup kantornya di Brussel. Menurut sebuah laporan, dikabarkan hal itu karena peraturan baru Uni Eropa yang mempersulit perusahaan terkait moderasi konten.

Selain itu, jumlah pekerja di kantor pun jumlahnya menurun drastis usai Elon Musk memotong setengah tenaga kerja.

Selain itu, Ekskutif Twitter yang tersisa yakni Julia Mozer dan Dario La Nasa meninggalkan Twitter minggu lalu saat Elon Musk memberitahu karyawan untuk komitmen pada visinya untuk Twitter 2.0 'hardcore' atau pergi.

Peran Julia Mozer dan Dario La Nasa sendiri mengawasi kebijakan publik untuk Twitter di Eropa. Mereka bertanggung jawab atas upaya untuk memastikan Twitter mematuhi kode disinformasi UE dan UU Layanan Digital.

Peraturan Undang-undang Layanan Digital (DSA) itu berlaku mulai minggu lalu dan akan berlaku untuk perusahaan mulai Februari 2024. Hal tersebut memberi pemerintah Uni Eropa lebih banyak kekuatan atas bagaimana platform memoderasi konten dan kapan perusahaan teknologi harus menghapus konten digital.

Selain itu, platform harus transparan tentang alasan keputusan moderasi konten. Pengguna yang terpengaruh pun akan memiliki hak untuk menantang keputusan moderasi, apabila konten mereka dihapus atau aksesnya dibatasi.

 

1
/
2