Uji Coba Pembukaan TMII Banjir Pengunjung, Pengelola Berencana Terapkan Kebijakan Car Free di Area Wisata

Icon CameraMuhammad Farhan
Minggu 20 November 2022 17:16 WIB
Uji Coba Pembukaan TMII Banjir Pengunjung, Pengelola Berencana Terapkan Kebijakan Car Free di Area Wisata
Pengelola TMII dalam uji coba pembukaan terbatas berencana terapkan kebijakan car-free. (Foto: OKEZONE/ANTARA/Asprilla Dwi)

JAKARTA, celebrities.id - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) telah melakukan uji coba pembukaan kunjungan wisatawan secara terbatas pada hari Minggu ini (20/11/2022). Pengelola TMII mengaku dalam pembukaan terbatas tersebut hendak melakukan uji coba perubahan budaya kunjungan di dalam kawasannya. 

Demikian disampaikan oleh Direktur Eksekutif TMII Emilia Eni Utari saat menjelaskan konsep kunjungan wisatawan di TMII. Emilia menyampaikan, pihaknya hendak menguji perubahan konsep pengunjung yang sebelumnya dapat mengendarai kendaraan, kini menjadi ditiadakan. 

"Kita akan merubah habitat masyarakat yang tadinya boleh masuk dengan membawa kendaraan, sekarang kita harus mengedukasi bahwa mobil tidak boleh masuk ke dalam kawasan," kata Emilia saat ditemui di dekat kawasan Keong Mas TMII, Minggu (20/11/2022). 

Namun karena masih dalam uji coba, Emilia menjelaskan jajarannya masih mengizinkan untuk membuka akses kendaraan roda empat dengan membuka sejumlah kantong parkir

"Saat ini kapasitas parkir terpadu mampu menampung sebanyak 800 kendaraan bermotor," kata Emilia.

"Karena ini masih uji coba perdana sehingga kami masih melihat akan mereview kembali nanti apakah ditambahkan kantong parkir," lanjut Emilia. 

Diketahui, Meski kunjungan dilakukan secara terbatas, yakni dibatasi hingga 5.000 orang saja, sejumlah pengunjung mengaku terkejut karena membludaknya wisatawan yang datang. Salah satunya Yudi (27), pesepeda yang berkunjung ke TMII. 

"Jujur, saya kaget juga dengan kunjungan wisatawan yang membeludak. Saya kira terbatas, ternyata banyak juga pengunjung yang datang," kata Yudi saat ditemui di Pintu III arah keluar TMII. 

Tetapi, Yudi mengaku untuk fasilitas yang baru, terutama untuk jalur sepeda, lebih bagus dari sebelumnya. 

"Wah luar biasa untuk fasilitasnya. Terutama untuk jalur sepeda, semuanya sudah lebih baik jadi kita lebih gampang melewati jalur sepedanya," katanya. 

Sementara itu, Heri (30) pengunjung yang juga menaiki sepeda, mengaku penasaran dengan wajah baru TMII. Dia mengungkapkan tertarik dengan TMII lantaran melihat unggahan di media sosial yang tampak indah. 

"Ini kan karena hari pertama dibuka, saya penasaran melihat TMII yang sekarang. Apalagi kalau lihat di media sosial kan sangat bagus," ujar Heri. 

 

1
/
2