Umrah Dibuka, Kemenag Sebut Aplikasi Pedulilindungi Sudah Clear

Widya Michella Nur Syahida
Selasa 04 Januari 2022 23:46 WIB
Umrah Dibuka, Kemenag Sebut Aplikasi Pedulilindungi Sudah Clear
Aplikasi PeduliLindungi sudah terintegrasi ke Siskopatuh. (Foto: celebrities.id/MNC)

JAKARTA, celebrities.id - Direktur Utama Bina Haji dan Umrah Khusus Kementerian Agama RI, Nur Arifin menyebut aplikasi PeduliLindungi sudah terintegrasi dalam sistem informasi pengawasan terpadu umroh dan haji khusus (Siskopatuh). Hal ini terkait akses data QR code sertifikat vaksin Covid-19 bagi jemaah umrah dan kini sudah tidak ada masalah. 

Arifin mengklaim sebanyak 25 orang dari pemilik penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU) yang menjadi tim advance telah berangkat melaksanakan uji coba umrah perdana pada Kamis, (23/12/2021). 

Mereka telah menggunakan QR Barcode vaksin yang telah dilakukan integrasi antara Siskopatuh dengan sistem di Saudi atau tawakalna. 

"Yang jelas kemarin tim yang 25 itu sudah berangkat dengan aplikasi, sudah clear dan tidak ada masalah. Karena 25 orang itu dimasukkan ke Siskopatuh Kementerian Agama," ujar Arifin saat dihubungi MNC Portal, Selasa,(04/1/2022).

Secara terpisah, Konsul Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah, Eko Hartono mengatakan hal yang sama, bahwa aplikasi tersebut sudah terintegrasi dengan aplikasi Tawakalna.

"Sekarang yang terjadi di lapangan adalah bahwa Siskopatuh sudah bisa dibaca oleh Tawakalna. Siskopatuh juga ambil data dari PeduliLindungi," kata Eko.

Sehingga dengan adanya integrasi tersebut, Eko berharap umrah dapat berjalan dengan lancar.  "Jadi semoga ke depan jamaah umrah sudah bisa lebih lancar dalam jalani umrah, termasuk untuk pengaturan karantina dan sebagainya," kata dia.
 

Editor : Mohammad Saifulloh