Umrah Dibuka, Kemenag Sebut Jadi Tolak Ukur Pelaksanaan Haji 2022 

Widya Michella
Rabu 05 Januari 2022 14:02 WIB
Umrah Dibuka, Kemenag Sebut Jadi Tolak Ukur Pelaksanaan Haji 2022 
Pelaksanaan Umrah jadi tolak ukur ibadah Haji di 2022. (Foto: Reuters)

JAKARTA, celebrities.id - Direktur Utama Bina Haji Umrah Khusus Kementerian Agama (Kemenag) Nur Arifin menyampaikan umrah perdana menjadi tolok ukur Arab Saudi terhadap persiapan haji 2022.

"Tentu umrah ini akan menjadi alat ukur Saudi, apakah haji tahun 2022 bisa dibuka atau tidak," kata Arifin, Rabu (5/1/2022).

Menurutnya jika Indonesia menyelenggarakan umrah dengan terus menjaga protokol kesehatan (prokes) secara ketat. Maka diharapkan Saudi dapat melihat kesungguhan Indonesia dan kembali mempertimbangkan pembukaan haji 2022. 

"Maka umrah ini kalau memang ternyata dalam perjalanan bisa bagus tertib dan semua orang disiplin sehingga tidak banyak kasus Covid atau varian Omicron lainnya insya Allah 2022 bisa haji," ucapnya.

Selanjutnya, dalam rangka perlindungan dan keselamatan jemaah umrah serta upaya meyakinkan para mitra di Arab Saudi, Indonesia telah secara serius dan baik dalam menyiapkan jemaah umrah berikut dengan penerapan protol kesehatan (prokes) sesuai dengan standar sebelum keberangkatan menggunakan penggunaan one gate policy (sistem satu pintu).

Satu rombongan akan dikumpulkan terlebih dahulu menggunakan di Asrama Haji Jakarta untuk dilakukan skrining kesehatan dan proses karantina jemaah umrah sebelum diberangkatkan ke Arab Saudi melalui bandara Soekarno Hatta.

"Maka mudah-mudahan dan umrah ini bisa dijaga betul prosesnya sehingga tertib tidak ada penambahan kasus covid kita harapkan demikian," ujar dia.

 

1
/
2