Unik! Wisatawan di Kawasan Wisata Sampuraga Berebut Telur, Begini Kisah Legendanya

Liansah Rangkuti
Rabu 04 Mei 2022 19:00 WIB
Unik! Wisatawan di Kawasan Wisata Sampuraga Berebut Telur, Begini Kisah Legendanya
Memasak telur dengan cara unik di Wisata Legenda Sampuraga, Mandailing Natal, Sumatera Utara. (Foto: IG @visitmadinacom)

MANDAILING NATAL, celebrities.id - Ada yang unik di kawasan wisata Sampuraga di Kawasan Desa Sirambar, Kecamatan Panyabungan Barat, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara (Sumut). Warga berebut merebus telur ayam bagaikan memancing ikan.

Seperti pantauan MNC Portal Indonesia, Rabu (4/5/2022), tepatnya di hari ketiga lebaran 1443 Hijriyah, lokasi wisata Sampuraga dipadati para wisata baik lokal maupun dari luar kota panyabungan Madina.

"Telur mentahnya beli di sebelah kolam air panas Sampuraga, ibu si penjual sudah menyediakan kayu bagaikan jiran lalu telurnya dibungkus di dalam kantongan plastik lalu diikat di ujung kacanya biar gampang mencelupkan ke air panas itu," kata Marlina Hasibuan (33), ibu rumah tangga yang berkunjung ke lokasi Wisata Legenda Sampuraga Madina.

Selain melihat dan menikmati peninggalan sejarah Kerajaan Sampuraga yang di telan bumi, dalam kesempatan pengunjung ke lokasi legenda wisata sampuraga banyak warga berebutan untuk merebus telur, pisang dan jagung lalu mencicipi hasil rebusannya.

Namun yang paling diminati para para pengunjung untuk merebus telur, para penjual telur mentah pun sampai kewalahan menghadapi para pembeli di lokasi wisata itu.

"Alhamdulillah setelah Covid-19 tidak ada lagi wisata ini bisa dibuka dan sudah 3 hari ini pengunjung selalu ramai dan dagangan telur mentah untuk direbur para pengunjung laris manislah dan kayu untuk merebusnya kita siapkan," ucap Ibu Sahrani (40), warga Desa Sirambas penjual Telur ayam mentah di lokasi Wisata Sampuraga.

Sekedar mengingatkan, Legenda Sampuraga adalah salah satu cerita rakyat dari Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatera Utara.

Legenda ini terkait dengan objek wisata kolam Sampuraga yang berlokasi di Desa Sirambas Kecamatan Panyabungan Barat.

Sampuraga nama salah seorang anak yang berkisah tentang seorang anak durhaka kepada ibu kandungnya yang mendapat kutukan dari ibunya dan konon katanya kutukan ibu si-Sampuraga itu pun seketika dikabulkan oleh Sang Maha Pencipta Alam Semesta.

 

1
/
3