Uniknya Tradisi Sedekah Monyet di Gunung Gajah Pemalang

Suryono Sukarno
Selasa 25 Mei 2021 08:52 WIB
Tradisi sedekah monyet digelar rutin di Gunung Gajah Pemalang. (Foto: Ilustrasi/Kemenuh Monkey River)

PEMALANG,celebrities.id - Tradisi desa juga bisa menjadi obyek wisata menarik seperti yang dilakukan oleh warga Desa Gongseng, Kecamatan Randudongkal, Pemalang, Jawa Tengah. Mereka menyajikan beragam kudapan bagi sekawanan monyet yang hidup di kawasan Gunung Gajah.

Sejatinya niat warga setempat menyiapkan makanan dan menggelar doa bersama tahunan untuk keselamatan desa serta kelestarian lingkungan. Caranya pun terbilang unik dengan memberi makanan kepada ratusan monyet. Tradisi ini kemudian dikenal sebagai Sedekah Monyet.

Aksi atraktif bagi wisatawan saat kawanan monyet berbondong-bondong mengambil sajian berupa aneka buah-buahan, ubi, ketela serta berbagai minuman. Mereka terdiri dari berbagai jenis hewan primata, seperti monyet ekor panjang, lutung, owa, dan beberapa jenis lainnya. Hewan-hewan tadi memang dilindungi karena tinggal di habitat kawasan hutan wisata.  

"Tradisi memberi sedekah pada monyet ini sebagai bagian rasa syukur pada alam dan lingkungan. Apalagi saat ini kondisi menjelang kemarau, makanan di hutan menipis dan monyet banyak yang kelaparan sehingga harus diberi makan," ujar pengelola Wisata Gunung Gajah, Satori.

Warga dan wisatawan selalu menyambut antusias acara pelestarian alam ini karena sekaligus menjadi hiburan tersendiri. Seperti diterangkan oleh Kepala Desa Gongseng Saryadi bahwa filosofi tersebut sebagai rasa bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah diberikan banyak rezeki dan kesehatan.

 

1
/
2