7 Unsur Intrinsik Cerpen, Penting dalam Membangun Cerita

Bertold Ananda
Jumat 05 Agustus 2022 15:31 WIB
7 Unsur Intrinsik Cerpen, Penting dalam Membangun Cerita
Unsur intrinsik cerpen berperan dalam membangun sebuah cerita karya sastra. (Foto: Pixabay)

JAKARTA, celebrities.id - Unsur intrinsik cerpen berperan penting dalam membangun sebuah cerita. 

Dalam pembuatannya, cerpen menitikberatkan pada sebuah cerita fiksi, seorang tokoh, maupun sebuah kejadian atau peristiwa. Di sini peran unsur intrinsik cerpen dalam membangun cerita.

Lantas, apa saja unsur intrinsik yang perlu kamu perhatikan dalam penulisan cerpen? 

Berikut celebrities.id telah merangkum dari beberapa sumber, Jumat (5/8/2022) terkait unsur intrinsik cerpen.

Unsur Intrinsik Cerpen

Unsur intrinsik cerpen terdiri dari tokoh atau penokohan, alur cerita, latar, sudut pandang, tema, amanat, dan gaya bahasa. Berikut ulasannya.

1. Penokohan / Tokoh

Dalam pembuatan cerpen kamu harus memperhatikan terlebih dahulu tokoh yang berperan penting dalam pembuatan sebuah cerita. Tokoh merupakan cara pengarang menggambarkan karakter dalam sebuah cerita.

Penokohan dalam sebuah cerita cerpen biasanya terbagi dalam beberapa jenis karakter, di antaranya karakter jahat (Antagonis), karakter baik (Protagonis) dan karakter netral (Tritagonis).

2. Alur Cerita

Unsur intrinsik cerpen yang kedua yakni alur cerita. Dalam pengertiannya alur cerita merupakan sebuah plot atau jalan cerita dari rangkaian sebuah peristiwa cerpen. Dalam penulisan cerpen alur cerita harus dibuat semenarik mungkin supaya dapat menarik minat baca khalayak.

3. Latar

Latar atau setting merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan cerita pendek. Pastikan dalam penulisan cerpen harus mencakup tempat, waktu dan peristiwa. Unsur satu ini dibuat untuk memberikan kesan realistis pada suatu cerita. Meskipun terkesan imajinatif namun pembaca dapat membayangkan sebuah cerita secara realistis dalam pikirannya.

 

1
/
2